Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Tetap Tolak Proyek Penimbunan PT Buana Transferindo
Oleh : Irwan Hirzal/Dodo
Senin | 28-05-2012 | 16:13 WIB

BATAM, batamtoday - Sengketa penimbunan laut yang dilakukan PT Buana Transferindo Wahana International di Tanjungriau, Sekupang, yang ditolak oleh warga setempat, hingga saat ini, Senin (28/05/2012), belum juga terselesaikan.

Meski sudah sampai ke tangan wakil rakyat pun, sengketa antara warga dan pihak PT Buana ini masih mental. Bahkan ada tudingan dari warga adanya permainan antara pihak terkait dalam penimbunan lahan yang berjarak sekitar 70 meter dari pemukiman warga itu.

Wakil Wali Kota Batam, Rudi SE, yang sebelumnya telah diundang warga lantaran mediasi yang dilakukan sebelumnya belum kelar, tadi pagi datang berkunjung ke lokasi.

"Saya segera akan memanggil direktur PT Buana Transferindo Wahana International dalam jangka waktu 2-3 hari ini," kata Rudi.

Rudi mendukung jalan penyelesaian damai dengan pihak perusahaan agar sengketa warga tidak berlarut-larut. Selain itu, Rudi juga mendukung agar masalah cepat selesai dan meminta warga untuk bersabar menunggu hasil pertemuan nanti. 

Sementara itu, Iwan Nasution selaku ketua  RT 03 RW 04 Tanjungriau usai kunjungan itu, mengatakan warga tetap menuntut untuk menutup dan penghentian penimbunan di lokasi karena penimbunan laut seluas 9 hektar itu jaraknya sangat berdekatan dengan pemukiman warga. 

"Tuntutan kita tetap dihentikan proyek itu, sambil menunggu hasil mediasi dari Wakil Wali Kota Batam," ujar Iwan.