Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Corona di Batam Menggila, Hari Ini Bertambah 34 Orang Positif Covid-19
Oleh : Paskalis RH
Senin | 28-09-2020 | 14:20 WIB
didi_kusmajadi_batam9.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Batam, kian hari semakin menggila. Hampir setiap hari peningkatan kasus baru berada di angka belasan hingga puluhan.

Teranyar, sebanyak 34 warga Kota Batam kembali terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, melalui keterangan tertulis yang di terima BATAMTODAY.COM, Senin (28/9/2020).

"Dengan adanya penambahan 34 kasus baru, total pasien positif Covid-19 di Kota Batam menjadi 1.548 orang," kata Didi.

Dari ke-34 pasien baru tersebut, kata dia, sebanyak 7 orang dari Kecamatan Batuaji. Sementara dari Kecamatan Sei Beduk, Batam Kota dan Sagulung masing-masing 6 orang dan dari Kecamatan Lubuk Baja dan Sekupang masing-masing 4 orang serta dari Kecamatan Bengkong 1 orang.

Data ini, lanjutnya, merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKL PP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing yang dilakukan Tim Medis.

"Ke-34 orang yang baru terkonfirmasi positif Covid-19, terdiri dari 15 orang laki-laki dan 19 orang perempuan," ujarnya.

Didi menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster, dapat disimpulkan bahwa ternyata kasus Covid-19 do Kota Batam mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

Hal itu, bebernya, karena penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam menjalankan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah saat melakukan berbagai aktifitas sehari-hari.

Guna kemaslahatan bersama, sambungnya, masyarakat Kota Batam diharapkan agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tetap dirumah saja.

"Jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," pungkasnya.

Editor: Dardani