Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peterseli, Daun Hias Penyembuh Kanker
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 26-05-2012 | 09:27 WIB

MISSOURI, batamtoday - Peterseli bukan sekadar dekorasi hidangan atau garnish untuk sajian makanan saja. Tumbuhan yang dikenal dengan nama latin Petroselinum crispum itu merupakan herbal yang memiliki "sejuta" manfaat untuk tubuh. Salah satunya melawan ganasnya kanker payudara. 

Tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan kandungan zat bernama apigenin dalam peterseli dan seledri yang ampuh melawan kanker payudara dan beberapa jenis tumor yang berhubungan dengan hormon progestin. 

"Kami tahu bahwa apigenin memperlambat perkembangan sel kanker payudara dengan tiga cara: dengan menginduksi kematian sel, menghambat proliferasi sel, dan dengan mengurangi reaksi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker," kata Salman Hyder, peneliti studi, dikutip Huffington Post, Sabtu(26/5/2012).

Profesor biomedis itu menambahkan, dalam uji menggunakan tikus percobaan terungkap bahwa asupan apigenin memicu penyempitan pembuluh darah yang berperan memberi makan sel-sel kanker. 

"Ketika pembuluh lebih kecil berarti aliran nutrisi terbatas. Ini otomatis juga akan menghalangi penyebaran sel tumor dan kanker," kata para peneliti yang menerbitkan hasil studinya di Jurnal Hormon dan Kanker.