Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kado Manis Pep Guardiola

Kalahkan Bilbao, Barcelona Juara Copa Del Rey
Oleh : Redaksi/Mg
Sabtu | 26-05-2012 | 08:31 WIB
Barcelona_Juara.jpg Honda-Batam

Barcelona merayakan keberhasilan merebut trofi Copa Del Rey. Foto:Fcbarcelona.com

MADRID, batamtoday - Barcelona sukses meraih trofi Copa del Rey setelah menaklukkan Athletic Bilbao di laga final yang digelar di Estadio Vicente Calderon, Sabtu(26/5/2012) dini hari. Kemenangan ini sekaligus menjadi kado manis perpisahan pelatih Josep 'Pep' Guardiola yang memutuskan untuk berhenti dari dunia sepakbola.

Meski tanpa diperkuat sang kapten Carles Puyol, Barca tetap mampu tampil dominan dengan menorehkan kemenangan telak 3-0. 

Mengusung motivasi tinggi, Barcelona langsung tampil agresif sejak awal laga. Tak heran jika gol pertama tim besutan Josep Guardiola sudah tercipta saat laga baru berjalan tiga menit melalui sepakan Pedro Rodriguez setelah memanfaatkan tandukan Gerard Pique.

Pada menit ke-20 Barca memperbesar keunggulan mereka menjadi 2-0 lewat gol Lionel Messi. Messi mencetak gol ke-73-nya musim ini dengan tendangan keras ke mistar gawang memanfaatkan umpan terobosan Andres Iniesta.

Barca semakin menjauh lima menit kemudian setelah Pedro mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut. Kali ini Pedro mencetak gol dengan tendangan akurat ke pojok bawah tiang jauh gawang menyambar back-pass Xavi Hernandez. Skor 3-0 untuk keunggulan Barca itupun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barca terus melanjutkan dominasinya. Namun, kali ini mereka tak terlalu agresif seperti babak pertama. Barca mencoba menurunkan tempo permainannya untuk menjaga keunggulan yang mereka dapatkan. Taktik itu berjalan lancar. Barca tetap menguasai pertandingan seraya berhasil menahan serangan Bilbao. Pada akhirnya skor 3-0 untuk keunggulan Barca tersebut bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Seluruh pemain dan jajaran pelatih Barcelona langsung meluapkan kegembiraan saat laga berakhir. Pasalnya kemenangan ini semakin mengokohkan Azulgrana sebagai raja di kompetisi yang digelar sejak 1902 ini. Barca telah memenangkan total 26 kali turnamen yang biasa disebut Piala Raja ini. 

Selain itu, raihan trofi di Copa del Rey ini menyempurnakan era Pep Guardiola sebagai entrenador Barca, setelah sebelumnya mengumumkan tak akan memperpanjang kontraknya di Camp Nou yang akan berakhir pada 30 Juni 2012.