Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 25 Pasien, Corona di Batam Tembus 895 Kasus
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jum\'at | 11-09-2020 | 12:36 WIB
update-covid14.jpg Honda-Batam
Update Covid-19 di Kota Batam Per 11 September 2020. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Batam, kian hari semakin mengkhawatirkan. Pasalnya, hampir setiap hari peningkatan kasus baru berada di angka belasan hingga puluhan.

Teranyar, sebanyak 25 warga Kota Batam kembali terkonfirmasi virus Corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, melalui keterangan tertulis yang diterima BATAMTODAY.COM, Jumat (11/9/2020).

"Dari 25 warga Batam yang baru dinyatakan positif Covid-19, 14 laki-laki dan 11 lainnya perempuan," kata Didi.

Data ini, sebutnya, merupakan hasil pemeriksaan swab oleh tim analis laboratorium BTKL PP dan analis laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil penelusuran (tracing).

Adapun ke-25 pasien yang baru dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, antara lain:

1. Kasus nomor 871, Tn. SH (44), guru, beralamat di Perumahan Maitri Garden, Belian, Batam Kota. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 781. Tak ada keluhan dan saat ini dirawat di RSBK.

2. Kasus nomor 872, anak laki-laki MKH (13), pelajar, beralamat di kawasan Perumahan Maitri Garden, Belian, Batam Kota. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 781. Tanpa adanya keluhan dan dirawat di RSBK.

3. Kasus nomr 873, AWH (10) Pelajar laki-laki yang beralamat di kawasan Perumahan Maitri Garden, Belian, Batam Kota. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 781. Tanpa adanya keluhan dan dirawat di RSBK.

4. Kasus nomor 874, O (45) ASN Nakes perempuan beralamat di kawasan Perumahan Nusa Jaya, Tanjung Buntung, Bengkong. Memiliki kontak erat dengan kasus nomor 726 yang merupakan lingkungan tempat tugasnya. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

5. Kasus nomor 875, AH (52) Ibu Rumah Tangga beralamat di kawasan Perumahan Oceanic Bliss, Bengkong Sadai, Bengkong. Memiliki keluhan meriang, batuk berdahak, pilek dan sakit kepala disertai mual dan muntah serta nyeri ulu hati dan sesak napas. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

6. Kasus nomor 876, GS (7) Pelajar laki-laki beralamat di kawasan Perumahan Bida Ayu, Mangsang, Sei Beduk. Memiliki kontak erat dengan ibunya terkonfirmasi nomor 727. Tanpa adanya keluhan dan dirawat di RS Awal Bros.

7. Kasus nomor 877, DS (30) laki-laki karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Bengkong Jaya, Bengkong Laut, Bengkong. Memiliki keluhan demam, batuk dan pilek disertai mual. Kini dirawat di RS Awal Bros.

8. Kasus nomor 878, STP (49) laki-laki karyawan swasta beralamat di kawasan Mess Perusahaan, Batu Ampar. Melakukan pemeriksaan ke salah satu rumah sakit sehubungan dengan riwayat penyakit penyerta prediabetik dan gangguan liver. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

9. Kasus nomor 879, KZ (24) perempuan karyawan swasta beralamat di kawasan Ruko Panbil Muka Kuning, Sei Beduk. Melakukan pemeriksaan RDT mandiri di salah satu klinik swasta guna keperluan perjalanan dengan hasil reaktif tanpa adanya keluhan. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

10. Kasus nomor 880, GFR (21) mahasiswa beralamat di kawasan Perumahan Tanjung Uma, Lubuk Baja. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 416. Tanpa adanya keluhan dan dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

11. Kasus nomor 881, SA (24) perempuan karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Kavling Sentosa, Sei Lekop Sagulung. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 500 dan 716 dengan keluhan demam dan kehilangan indra penciuman. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

12. Kasus nomor 882, IF (48) laki-laki karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Cipta Taman Asri, Tembesi, Sagulung. Melakukan pemeriksaan RDT mandiri di salah satu klinik swasta sehubungan dengan keluhan demam, batuk pilek, setelah pulang dari perjalanan luar kota. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

13. Kasus nomot 883, MKH (43), laki-laki wiraswasta beralamat di kawasan Perumahan Sengkuang Dalam, Tanjung Sengkuang, Batuampar. Melakukan pemeriksaan RDT mandiri di salah satu klinik swasta guna keperluan perjalanan dengan hasil reaktif tanpa adanya keluhan. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

14. Kasus nomor 884, SAW (23) perempuan karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Taman Lestari, Kibing, Batuaji. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

15. Kasus nomor 885, EKPA (19) perempuan pelajar beralamat di kawasan Perumahan Ameria, Batubesar, Nongsa. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 743 dengan keluhan demam dan kehilangan indra penciuman. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

16. Kasus nomor 886, ADD (43) laki-laki karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Muka Kuning Permai II, Buliang, Batuaji. Berobat ke salah satu rumah sakit dengan keluhan demam, batuk berdahak, dan sesak napas disertai badan terasa lemas dan muka pucat. Namun kondisi pasien semakin memberat dan dinyatakan meninggal dunia setelah mendapatkan penanganan intensif di ICU RS Elizabeth Batam Kota.

17. Kasus nomor 887, AL (34) laki-laki wiraswasta beralamat di kawasan Perumahan Baloi Mas, Baloi Indah, Lubuk Baja . Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 875. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat RSKI Covid-19 Galang.

18. Kasus nomor 888, M (35) perempuan karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Baloi Mas, Baloi Indah, Lubuk Baja. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 875. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat RSKI Covid-19 Galang.

19. Kasus nomor 889, PAL (5) anak-anak yang beralamat di kawasan Perumahan Baloi Mas, Baloi Indah, Lubuk Baja. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 875. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat RSKI Covid-19 Galang.

20. Kasus nomor 890, J (30) laki-laki wiraswasta beralamat di kawasan Perumahan Bumi Indah, Lubuk Baja. Mempunyai kontak erat dengan kasus nomor 875. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat RSKI Covid-19 Galang.

21. Kasus nomor 891, SAOS (21) perempuan karyawan swasta beralamat di kawasan Dormitory Muka Kuning, Sei Beduk. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

22. Kasus nomor 892, N (21) perempuan karyawan swasta beralamat di kawasan Dormitory Muka Kuning, Sei Beduk. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

23. Kasus nomor 893, ZED (29) laki-laki karyawan swasta beralamat di kawasan Perumahan Buana Vista, Belian, Batam Kota. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta guna keperluan pribadi. Tanpa adanya keluhan dan kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

24. Kasus nomor 894, HEP (33) laki-laki ASN-Instansi Vertikal beralamat di kawasan Perumahan Jalan Sriwijaya, Pelita Lubuk Baja. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta sehubungan dengan kegiatan screening di tempat tugas. Kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

25. Kasus nomor 895, Y (44) Ibu Rumah Tangga beralamat di kawasan Pertokoan Sei Harapan, Sekupang. Melakukan pemeriksaan SWAB/PCR mandiri pada salah satu laboratorium klinik swasta sehubungan dengan hasil rapid tes yang reaktif. Mengalami pusing dan nyeri sendi sejak 1 minggu lalu dan kini dirawat di RSKI Covid-19 Galang.

Penambahan pasien positif, kata Didi, merupakan hasil pemeriksaan swab oleh tim analis laboratorium BTKL PP dan analis laboratorium RSKI Covid-19 Galang.

Masih kata Didi, sesuai hasil penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

"Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19," timpalnya.

Guna kemaslahatan bersama, lanjutnya, masyarakat Kota Batam diharapkan agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta tetap dirumah saja.

"Jika terpaksa harus keluar rumah, gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang cukup," pungkasnya.

Dalam keterangannya, Gugus Tugas Covid-19 Batam juga menyampaikan, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 535 orang, meninggal 37, dan yang sedang dirawat 323 orang.

Editor: Yudha