Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bersinergi Lawan Covid-19, Forkopimda Turun Langsung Ingatkan Warga untuk Pakai Masker
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 10-09-2020 | 10:44 WIB
yos-guntur11.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur ingatkan pedagang Toss 3000 untuk selalu pakai masker. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam turun langsung mengimbau warga menerapkan protokol kesehatan. Langkah itu sebagai upaya mencegah dan meminimalisir risiko penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

Kali ini, rombongan yang dipimpin Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur turun langsung ke Pasar Tos 3000 dan menegur warga yang tidak menggunakan masker. Dalam kesempatan ini, rombongan juga membagikan masker.

Yos mengingatkan agar warga disiplin menerapkan protokol kesehatan agar permasalahan Covid-19 ini segera berakhir.

"Kegitan ini serentak di seluruh Indonesia dan bertujuan memutus rantai penyebaran Covid-19," ujarnya, Kamis (10/9/2020) pagi. Kegiatan ini, diikuti TNI, Pemerintah Kota Batam, DPRD Batam, dan sejumlah inntansi terkait.

Kapolres menegaskan, kali ini pihaknya belum melakukan penindakan terhadap pelanggar protokol kesehatan, dalam artian masih mengedepankan sosialisasi dan edukasi terlebih dahulu.

"Batam sudah ada Perwako (Peraturan Wali Kota) untuk menindak pelanggar. Kita sangat mendukung itu sebagai dasar penindakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan," ujarnya lagi.

Ia berharap, aturan tersebut benar-benar diterapkan agar kesadaran masyarakat memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan makin meningkat. Meski dalam tahap sosialisasi, ia mengajak masyarakat bekerja sama agar Covid-19 ini bisa ditangani.

"Sejauh ini saya lihat kesadaran masyarakat makin meningkat, namun sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan agar secara keseluruhan masyarakat bisa disiplin," kata Yos.

Asisten III Setdako Batam bidang Administrasi Umum, Heriman AK, juga mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. "Kita sudah ada Perwako untuk kedisiplinan ini, jadi wajib bagi kita semua untuk memakai masker dan sebagainya," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) Kota Batam, Salim, mengaku sudah turun langsung ke 12 kecamatan se-Batam dalam menyosialisasikan protokol kesehatan tersebut. Bahkan, kata dia, melalui Wali Kota sudah membentuk tim di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di setiap keacamatan.

"Terus kita lakukan dan harus bersama-sama agar Covid-19 ini segera sirna," kata Salim.

Editor: Yudha