Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Virus Corona, 9 ABK KIA Asal Vietnam Diisolasi di Atas Kapal dan 3 di Lanal Tarempa
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 25-08-2020 | 17:52 WIB
cek-suhu-ABK-KIA.jpg Honda-Batam
Prajurit Lanal Tarempa saat memeriksa suhu tubuh 12 ABK KIA yang diamankan KRI Bung Tomo 357 di Perairan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Anak buah kapal (ABK) kapal ikan asal Vietnam KG 90186 TS, yang diamankan KRI Bung Tomo 357 akan diisolasi di atas kapal. Pasalnya, suhu tubuh ABK tersebut rata-rata mencapai 37,5 hingga 38 derajat.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari para ABK, dilakukan isolasi.

"Ketika suhu tubuh ABK ini dicek, mencapai rata-rata 37,5 hingga 38 derajat. Mungkin ini penyebabnya stres di laut atau diperjalanan. Ditambah lagi cuaca saat ini memang panas. Meski demikian, masyarakat khususnya yang berada di Tarempa jangan khawatir, karena mereka akan diisolasi di kapal tersebut," ucap Erfan, Selasa (25/8/2020).

Erfan menguraikan, dari 12 ABK hanya 9 yang diisolasi di kapal. Sedangkan 3 lainnya yang terdiri dari kapten kapal dan teknisi akan diisolasi di tahanan Lanal Tarempa. "Kita juga akan meyakinkan mereka benar-benar tidak terpapar Covid-19. Salah satu upaya yaitu dengan penyemprotan disinfektan, cek suhu dan rapid test," terangnya.

Erfan juga mengakui, sebelum digeledah Tim KRI Bung Tomo, para ABK dan seluruh isi kapal telah dilakukan penyemprotan disinfektan. "Di sini juga kita lakukan kembali protokol kesehatan. Inilah upaya kami untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Anambas. Apalagi Anambas masih Zona Hijau," tandasnya.

Editor: Gokli