Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kebakaran 7 Jam Porak-porandakan PT De Hong, Pabrik Kertas di Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 20-08-2020 | 09:40 WIB
tumpukan-kertas-terbakar1.jpg Honda-Batam
Selama tujuh jam, petugas belum bisa padamkan kebakaran di PT De Hong, Batam. (Foto: Putra Gema Pamungkas)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah berlangsung selama 7 jam, api yang membakar PT De Hong di kawasan Executive Industrial Park Batam belum juga padam.

Pantauan di lokasi, api telah memporakporandakan PT De Hong. Api cepat membesar dikarenakan perusahan ini bergerak di bidang pengelolaan kertas. Selain itu, angin yang kencang membuat api dengan cepat mudah membesar.

Kebakaran yang terjadi pada pukul 20.15 WIB tersebut sampai pukul 03.23 WIB dinihari masih belum juga padam.

Salah seorang pemadam, Amran menyebutkan, alasan api tidak kunjung padam dikarenakan banyaknya tumpukan barang yang mudah terbakar di lokasi perusahaan tersebut.

"Banyak barang mudah terbakar, makanya api cepat membesar," kata Amran, Kamis (20/8/2020) dini hari.

Diakuinya, hingga saat ini tim terus melakukan upaya pemadaman dan pendinginan di sekitar lokasi kebakaran. Hal ini bertujuan agar tidak meluasnya titik api ke perusahaan lainnya.

Dalam insiden ini, beberapa kali ledakan juga sempat terjadi, namun hingga saat ini belum diketahui secara barang apa yang terbakar sehingga menyebabkan ledakan tersebut.

Armada pemadam kebakaran dari Pemko Batam, BP Batam dan bantuan dari Polda Kepri hingga saat ini masih terus berupaya memadamkan api di lokasi tersebut.

Dalam berita sebelumnya, Kapolsek Batam Kota, AKP Restia Octane Guchi menjelaskan, insiden kebakaran ini terjadi pada Pukul 20.15 WIB.

Guchi menjelaskan, saat kebakaran ini terjadi, seluruh karyawan sedang istirahat di luar gudang produksi.

"Saat kejadian, seluruh karyawan sedang istirahat malam di luar gudang produksi. Tidak ada korban jiwa," kata Guchi, Rabu (19/8/2020) malam.

Lanjut Guchi, berdasarkan keterangan saksi mata, kebakaran tersebut berawal dari adanya kabel listrik yang terputus dan langsung menyambar tumpukan kertas.

"Untuk informasi lebih lanjutnya akan kami sampaikan nanti, tapi berdasarkan keterangan saksi mata, api berasal dari percikan listrik kabel yang terputus," tegasnya.

Editor: Yudha