Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sebanyak 1.039 Napi di Banten Bakal Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19
Oleh : Redaksi
Selasa | 18-08-2020 | 12:52 WIB
ilustrasi-vaksin-corona14.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 1.039 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Banten akan menjadi relawan uji coba vaksin covid-19. Kesiapan warga lapas menjadi relawan tersebut diapresiasi Wakil Gubernur Banten, Andhika Hazrumy.

"Tentu saya sangat bangga dengan kesiapan para relawan ini. Karena info Pak Kakanwil (Kemenkumham Banten) tadi Banten termasuk yang pertama memiliki relawan (WBP) ini," kata Andhika Hazrumy dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/8/2020).

Namun demikian, tidak banyak dijelaskan bagaimana kesiapan dan prosedur uji vaksin covid-19 yang akan dilakukan kepada para WBP itu. Andika hanya menjelaskan kalau Banten sudah keluar dari wilayah episentrum penularan virus Corona.

Menurut Andhika, Banten kini menduduki posisi ke-13 nasional dalam hal penyebaran covid-19. Lantaran wilayah Tangerang Raya sudah keluar dari zona merah Corona.

"Meski begitu kita masih terus harus waspada dan berhati-hati, karena tidak menutup kemungkinan peringkat kita akan kembali naik dan petanya kembali masuk zona merah kalau kita tidak disiplin," terangnya.

WBP di Banten yang mendapatkan remisi kemerdekaan 17 Agustus berjumlah 5.512 orang, yang langsung menghirup udara bebas sebanyak 153 orang. Permasalahan klasik masih terjadi di Banten: kapasitas lapas melebihi kapasitas yang ada.

"153 orang di antaranya bebas langsung pada hari ini. Dengan kapasitas maksimal lima ribuan warga binaan, saat ini jumlah warga binaan kami mencapai 10 ribuan," jelasnya.

Editor: Yudha