Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Amankan Maling Kotak Amal di Mushola Rusun Top100 Tembesi
Oleh : Paskalis RH
Senin | 17-08-2020 | 17:04 WIB
maling-kasihan.jpg Honda-Batam
Maling kota amal mushola saat diamankan warga Top100, Tembesi, Sagulung, Batam. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pria berinisial R, nyaris babak belur dihajar warga karena mencoba mencuri kotak amal di Mushola Aljihad, Rumah Susun (Rusun) Top100, RT 004/RW005 Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Satpam Rusun Top100, Dedi Kurniawan menyampaikan, aksi ini terjadi pada Senin (17/8/2020) sekitar pukul 14.15 WIB, disaat kondisi mushola sepi.

Dedi menjelaskan, tertangkapnya pelaku karena merasa curiga dengan gerak-gerik, R saat hendak mencongkel kotak amal di musolah.

Masih kata Dedi, awalnya tersangka berpura-pura hendak melaksanakan shalat di mushola tersebut. Namun dia malah mendekati kotak amal dan membuka berusaha mencongkelnya.

"Kejadian ini sekitar jam 14.15 WIB. Saat itu saya memergoki pelaku sedang berusaha membuka kotak amal menggunakan kunci T," kata Dedi.

Mengetahui ada orang asing sedang membuka kotak amal, sambungnya, dia langsung berteriak pencuri sehingga banyak warga mendatangi mushola. Mendengar teriakan itu, pelaku sempat berusaha kabur melarikan diri. Aksi kejar-kejaran antara pelaku dan warga pun tak terhindarkan.

Tetapi sial, pelaku yang sudah kelelahan akhirnya berhasil diamankan warga. "Saat diteriaki maling, warga penghuni Rusun sempat emosi dan berusaha mengejar pelaku. Pelaku akhirnya berhasil diamankan persis di dekat rumah Ketua RW 005, Kelurahan Tembesi," ujarnya.

Untungnya, lanjut dia, saat diamankan beberapa warga ada yang berinisiatif menelpon petugas di Polsek Sagulung sehingga petugas langsung datang ke lokasi. "Untuk menghindari amukan warga, petugas kepolisian langsung membawa pelaku ke Mapolsek untuk proses selanjutnya,'' tambahnya.

Dari penangkapan tersebut, Polisi mengamankan sejumlah barang bukti dari pelaku. Antara lain, satu kresek warna Biru berisi obeng, kunci T, sepasang sepatu dan beberapa uang koin yang diduga hasil curian.

Editor: Gokli