Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dirawat di RSUP Kepri

Transit di Tanjungpinang, 6 WNA Asal Ukraina Positif Covid-19
Oleh : Syajarul Rusydy
Kamis | 06-08-2020 | 09:08 WIB
heli-ukraina1.jpg Honda-Batam
Heli yang digunakan warga negara Ukrania di Bandara RHF Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sebanyak 10 orang warga asing (WNA) asal Ukrania yang hendak terbang ke Pontianak menggunakan helikopter transit di Tanjungpinang, Rabu (5/8/2020).

Ke-10 WN Ukrania ini pun dilakukan tes PCR, dan hasilnya 6 di antaranya positif terpapar covid-19, masing-masing berinisial VG, SD, IK, OA, VN, KN. Saat ini mereka menjalani perawatan di RSUP Kepri KM 8 Tanjungpinang.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, WN Ukraina tersebut sempat menolak hasil pemeriksaan PCR di Laboraturium RSUP Kepri, dan berniat meninggalkan Tanjungpinang setelah mendapatkan izin terbang ke Pontianak.

Namun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri berkoordinasi dengan Komandan Lanud Tanjungpinang agar penerbangan mereka ditunda, hingga seluruh warga Ukraina tersebut sembuh dari Covid-19, dan akhirnya penerbangan warga Ukraina tersebut dapat ditunda Komandan Lanud Tanjungpinang.

Letda Yusriadi dari Lanud Tanjungpinang, ke-10 orang WNA Ukraina terbang dari Sabang menggunakan helikopter carteran, dengan tujuan Banjarmasin, namun melakukan transit di Bandara RHF Tanjungpinang pada 3 Agustus 2020. Kemudian dilakukan rapid test dengan hasil reaktif untuk 6 orang, kemudian dilakukan swab dengan hasil positif.

Mereka masing-masing berinisial VG, SD, IK, OA, VN, KN. Saat ini sedang menjalani perawatan di RSUP Kepri KM 8 Tanjungpinang. Sedangkan empat orang yang negatif ditempatkan di Hotel Aston Kota Tanjungpinang sambil menunggu crew lainnya dinyatakan sembuh dari Covid 19.

"Perlunya kerjasama semua instansi terkait dalam melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap para WNA yang masuk dalam rangka pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid 19 di wilayah Kepulauan Riau," harapnya.

Editor: Yudha