Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 3 Orang, Total Positif Covid-19 di Kota Tanjungpinang Jadi 75 Pasien
Oleh : Asyari
Rabu | 05-08-2020 | 20:04 WIB
rahma-tambah-3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gugus Tugas Covid-19 Tanjungpinang merilis penambahan 3 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Dengan adanya penambahan 3 pasien ini, hingga Rabu (5/8/2020) total kasus positif Covid-19 di Kota Tanjungpinang mencapai 75 orang.

"Hari ini, ada penambahan 3 warga Tanjungpinang yang terkonfirmasi Covid-19. Ketiga orang ini ditetapkan kasus nomor 73, 74 dan 75. Data ini sesuai hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru kami terima," terang Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, dalam siaran persnya.

Hasil ini merupakan upaya lanjutan tracking kontak erat dan skrining pelaku perjalanan. Hasilnya, ada 3 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketiga kasus itu, yakni nomor 73, RK, laki-laki, umur 36 tahun, honorer, tinggal di Dompak, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Merupakan kasus kontak erat dengan kasus nomor 69. Saat ini sudah dikarantina mandiri di bawah kontrol dokter dan perawat, serta dipantau setiap hari, di mana diketahui pasien ini tidak ada gejala sebelumnya.

Kasus nomor 74, Ma, perempuan, umur 32 tahun, honorer dan berempat tinggal di Dompak, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Merupakan istri dari kasus konfirmasi nomor 73. Pasien ini menderita gejala, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan dan pilek. Saat ini sedang dikarantina, di bawah pengawasan dokter dan perawat.

Kasus nomor 75 , DR, perempuan, umur 26 tahun, tinggal di Kelurahan Sei Jang, Kecamatan Bukit Bestari. Pasien baru pulang ke Medan pada minggu pertama bulan Juli 2020. Sepulang dari Medan merasakan keluhan demam, batuk, sakit tenggorokan dan pilek selama beberapa hari. Saat ini pasien dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri.

"Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang melaksanakan tracking pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah maupun lingkungan kerja serta tempat beraktivitas lainnya, dilanjutkan dengan pemeriksaan swab. Imbauan kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan lebih sering," tutup Rahma.

Editor: Gokli