Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Warga di Kota Tanjungpinang Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19, Satu TNI Aktif
Oleh : Asyari
Selasa | 28-07-2020 | 20:05 WIB
rahma-2-potif.jpg Honda-Batam
Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dua warga di Kota Tanjungpinang kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Keduanya, satu warga sipil dan satu anggota TNI aktif.

"Hari ini, kami sampaikan penambahan 2 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19, sesuai hasil pemeriksaan swab dan metode PCR," kata Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, dalam siaran persnya.

Informasi dari dua pasien terkonfirmasi tersebut adalah Mu (48), laki-laki, alamat Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari. Adapun riwayat perjalanan yang bersangkutan berangkat dari Tanjungpinang ke Surakarta dengan pesawat tanggal 09 Juli 2020 dalam rangka merujuk pasien dan menginap 1 malam di Surakarta.

Kemudian esok hari tanggal 10 Juli 2020 berangkat ke Surabaya untuk mengambil paket sekalian mengisi bahan bakar dan melanjutkan perjalanan ke Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta untuk mengisi bahan bakar tanpa turun dari pesawat dan melanjutkan perjalanan kembali ke Tanjungpinang.

"Sampai di Tanjungpinang tanggal 10 Juli 2020. Pasien tanggal 16 Juli 2020 mulai merasa tak sehat dengan keluhan batuk, badan lemah, tidak selera makan dan sesak nafas, dirawat di RSAL Midiyato S pada tanggal 21 Juli 2020," terang Rahma.

Pengambilan swab sebanyak dua kali pada tanggal 22 dan 23 Juli 2020 dengan hasil PCR negatif. Kemudian pengambilan ulang swab pada tanggal 25 Juli 2020, dan hasil keluar pada tanggal 27 Juli 2020 dengan hasil positif.

"Pasien merupakan kontak erat dengan penderita nomor 30, 31 dan 32 dan merupakan klaster baru penularan Covid-19 dalam satu keluarga," ujarnya.

Kemudian pasien yang terkonfirmasi kedua adalah AC (29), laki-laki, alamat Jalan Nusantara, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur. AC, merupakan TNI aktif dan dalam tugas di Surabaya selama 3 bulan terakhir.

Tanggal 9 Juni 2020 melakukan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dan menginap di Jakarta selama 1 minggu. "Tanggal 16 Juli 2020 berangkat dari Jakarta menuju Dabo Singkep dengan menggunakan KRI dengan jumlah personil lebih kurang 200 orang. Tanggal 24 Juli 2020 yang bersangkutan berangkat ke Tanjungpinang dengan menggunakan helikopter dengan jumlah penumpang sebanyak 4 personil termasuk pilot, setelah sampai di Tanjungpinang dilakukan pemeriksaan Rapid Test pada seluruh personil dan hasilnya AC dinyatakan Reaktif, dilajutkan dengan pengambilan swab dan hasil PCR pada tanggal 27 Juli 2020 dinyatakan Positif Covid 19," jelas Rahma.

Saat ini kondisi yang bersangkutan stabil, sehat tanpa keluhan. Adapun tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang adalah melaksanakan traking pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah maupun lingkungan kerja, maupun tempat beraktifitas lainnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab atau rapid tes.

"Kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi hidup baru pada masa pandemi Covid-19. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan lebih sering," imbau Rahma.

Editor: Gokli