Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat di Balik Tembok Pertamina Tanjunguban Tak Tersentuh Program CSR
Oleh : Opini
Selasa | 14-07-2020 | 09:40 WIB
sahat11.jpg Honda-Batam
Sahat Simanjuntak. (Foto: Dok Batamtoday.com)

Oleh: Sahat Simanjuntak

Pembangunan yang dilakukan di negeri kita ini hakikatnya bertujuan untuk mensejahteraan masyarakat, bangsa dan negara kita tercinta ini.

Kesejahteraan yang dimaksud diperolehnya materi serta terangkatnya harkat dan martabat masyarakat, bangsa dan negara kita. Terutama sejahteranya masyarakat yang berada di daerah yang berbatas langsung dengan ditumbuhkannya pembangunan tersebut.

Kalau kita mau jujur dan punya hati nurani dalam melihat, merasakan dan kepedulian terhadap kondisi kehidupan masyarakat yang berbatas langsung dan berada di sekitar kawasan dermaga bongkar muat dan keluar masuknya kapal tengker dan lokasi tanki timbun BBM dan Instalasi tanki Gas LPG di Pertamina Tanjung Uban, Pulau Bintan, sangatlah memperihatikan sekali.

Kondisi masyarakat yang berada di Kampung Kampung Bugis, Kampung Baru, Kampung Jeruk dan Gang Bima, serta Kampung Raya, Kampung Paya Lebar dan Kampung Cendrawasih di wilayah Kecamatan Bintan Utara. Kab Bintan.

Adapun kampung-kampung tersebut adalah kampung yang berbatas langsung dengan kawasan dermaga sandar dan keluar masuknya kapal tengker serta kawasan instalasi tanki timbun BBM dan Gas LPG Pertamina Tanjung Uban, Bintan.

Kondisi keselamatan dan lingkungan di kawasan Pertamina tersebut sebagai perusahaan yang besar dan modern sudahlah tentu pula terkelola dengan baik dan terjamin keselamatannya.

Akan tetapi kalau kita melihat kondisi masyarakat di kampung2 yang berbatas langsung dengan kawasan Pertamina di Tanjung Uban tersebut sangatlah memperihatinkan kondisi parit saluran air diantara perbatasan langsung lokasi Pertamina dengan pemukiman masyarakat yang berada dan berbatas langsung dgn kawasan Pertamina tersebut.

Akibat kurang terkelolanya parit di perbatasan lokasi Pertamina dengan pemukiman madyarakat di kampung-kampung tersebut, apabila terjadi hujan yang deras dan air laut yang pasang telah dan selalu pula pemukiman masyarakat terkena banjir yang sudah tentu akan mempengaruhi terhadap keselesaan dan kesehatan masyarakat kampung tersebut terganggu.

Situasi ekonomi, sosial kehidupan masysrakat dan anak2nya rata2 sangatlah memperihatinkan sekali kondisi kehidupan mereka.

Masyarakat yang berada di kampung yang berbatas langsung dengan kawasan Pertamina Tanjung Uban tersebut sangat membutuhkan pengelolaan paritnya dengan benar dan terencana. Adapun bantuan perbaikan lingkungan parit serta dambak dari kebocoran gas maupun bbm sangatlah perlu diperhatikan.

Di mana saluran parit yang membatasi batas antara lokasi Pertamina dengan Kampung masyarakat tersebut, perlu untuk dijaga agar jangsn limbah yang mencemarannya. Kondisi pendidikan dsri anak2 serta pendapatan masyarakatnya pun hampir rata-rata tidak punya pendapatan yang tetsp.

Masyarakat yang tinggal di kampung2 yg berbatas langsung dengan perusahaan Pertamina di Tanjung Uban tersebut hidupnya diperoleh hanyalah dari usaha-usaha kecil-kecilan, sebagai pekerja harian kasar, mencari ikan2 di pesisir pantai dan ibu2 rumah tangganya mencari nafkah dgn menjual kwe2 yang dititipkan pada warung kecil di Tanjung Uban.

Dan mereka belum pernah memperoleh bantuan baik bantuan Program CSR dari Pertamina Tanjung Uban kpd mereka sebagai masyarakat yang berada dan berbatas langsung dengan Kawasan Pertamina tersebut. Kalaupun ada bantuan tersebut tak pernah menyentuh mereka. Bantuan tersebut melangkahi mereka dan yang terbantu adalah masyarakat yang ada dan berada di daerah lainnya di Kec Bintan Utara dan Kec Serikuala Lobam.

Seandainya ada Program Tanggung Jawab Sosial yang dilakukan oleh pihak Perusahaan Pertamina Tanjung Uban terhadap masyarakat hendaknya janganlah dilupakan kami sebagai masyarakat yang berada di batas langsung kawasan Dermaga dan Instalasi Tanki Timbun BBM dan Kilang Gas LPG Pertamina Tanjung Uban.

Sangatlah diharapkan sekali perusahaan Pertamina memberikan bantuan kpd masyarakat tersebut hendaknya janganlah melalui para perantara-perantara yang tidak jelas akan tetapi diperlukannya dan diperhatikan sekali terhadap masyarakat mana yang sebenarnya berhak untuk menerima bantuan dari Program Sosial Perusahasn Pertamina melalui Program CSR nya.

Sekiranya ada bantuan dari Program CSR Pertamina terutama untuk masysrakat di kampung yang berbatas langsung dengan Kawasan Pertamina di Tanjunguban, hendaknya janganlah hanya untuk segelintir orang saja yang menerimanya sementara yang lainnya hanya menjadi penonton saja.

Masyarakat yang berada di Kampung-kampung yang berbatas langsung dengan kawasan Pertamina di Tanjung Uban tersebut, dengan lirih dan penuh haru. Mengharapkan kepada pihak perusahaan Pertamina hendaknya betul-betul dan tetap sasaran.

Apabila pihak perusahaan Pertamina di Tanjung Uban akan melaksananakan Program Bukankah Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah pendekatan bisnis dengan memperhatikan benar-benar serta melakukan survey yang valid tidak hanya sekedar memberikan kontribusi bantuan terhadap masyarakst yang berada disekitar pembangunan tersebut dan kemudian telah melakukan bantuan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan terutama terhadap masyarakat yang terpanggang kemiskinan, keterbelakangan pendidikan, buruk lingkungan, buruk kesehatan dan pengangguran.

Bukankaah Program CSR dari perusahaan Instalasi Tangki timbun BBM dan Gas LPG Pertamina di Tanjung Uban, Bintan tsb adalah sebagai tanggung jawab sosial seksligus komitmen bisnis dari perusahaan yang berada/berbatas langsung dengan masyarakat untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan karyawannya serta lingkungan dan masyarakat disekitar ditumbuhkannya pembangunan di Tanjung Uban, Kelurahan Tanjung Uban Kota, Kelurahan Tanjung Uban dan Utara di daerah Kec Bintan Utars, Kab Bintan, Prov Kepri.

Bukankah Perusahaan Pertamina tersebut sejatinya telah berkomitmen untuk menerapkan CSR terbaik dam terbuka dengan berbagai program yang dimiliki dimana perusahaan Pertamina.

Besar harapan masyarakat terutama masyarakat yang berada di kampung2 yg berbatas langsung dengan Kawasan Instalasi Tanki Timbun BBM dan Kilang LPG Pertamina di Tanjung Uban hendaknya benar-benar berkontribusi dalam menjalankan program CRS nya terhadap masyarakat terutama terhadap masy yg miskin dan berada di kampung yang berbatas langsung dengan perusahan Pertamina di Tanjung Uban, Bintan tersebut

Pertamina memiliki program CSR dan tehadap kampanye anti-narkoba, penyiaran saluran televisi pemerintah, beasiswa, dan donor darah.

Niat adalah cinta
Ikrar adalah semangat
Akal adalah tanya

Kedarat berbunga kayu
Kelaut berbunga karang

Penulis merupakan tokoh masyarakat Kabupaten Bintan