Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Warga Tanjungpinang Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19
Oleh : Asyri
Sabtu | 11-07-2020 | 09:08 WIB
wawako-rahma11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Plt. Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma (kanan). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah 45 hari kasus terakhir terkonfirmasikan positif di Tanjungpinang, seorang warga Tanjungpinang Inisial Tn. SU (55), laki-laki, yang beralamat di Jalan R.H Fisabilillah, Kelurahan Batu 9 Tanjungpinang Timur, terkonfirmasi positif Covid-19.

Plt Wali Kota Tanjungpinang Hj. Rahma menjelaskan, kasus baru tersebut tercatat nomor 28 Covid-19 di Tanjungpinang .

"Terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanjungpinang bertambah sebagimana hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru diterima hari Jumat (10/7/2020)," terang Rahma, Sabtu (11/7/2020), saat dihubungi melalui ponselnya.

Wali Kota Kota Tanjungpinang Hj. Rahma menambahkan, pasien terkonfirmasi positif tersebut merupakan penumpang pesawat Garuda Airlines pada tanggal 8 Juli 2020.

Turun pesawat pasien langsung ke RSUD RAT untuk melakukan rapid test antibodi dengan hasil reaktif, dan langsung dikarantina di Rumah Singgah. Hasil laboratorium PCR tanggal 09 Juli 2020 hasilnya positif.

Pemeriksaan RDT dan PCR ini dilaksanakan secara mandiri oleh yang bersangkutan atas kesadaran sendiri karena baru melakukan perjalanan dari negara dan daerah terjangkit sebelum pulang ke rumah.

Berdasarkan hasil Penyelidikan Epidemiologi didapatkan bahwa Tn. Su datang dari Kongo dan melakukan transit di Perancis, Qatar dan Jakarta. Selama di perjalanan Tn. Su tetap melakukan social distancing dan memakai masker.

Sebelum berangkat dari Kongo, Tn.Su telah melakukan pemeriksaan PCR dengan hasil negatif pada tanggal 3 Juli 2020. Setiba di Bandara Soekarno Hatta tidak dilakukan Rapid tes. Tn. Su sempat menginap 2 hari di Hotel Ibis Style Bandara Soetta.

"Tn. Su melakukan perjalanan dari Kongo ke Jakarta bersama 1 orang temannya yang tinggal di Jakarta. Saat ini tidak ada gejala Covid-19 yang dirasakan oleh Tn. Su," ujar Rahma dalam rilisnya.

Editor: Yudha