Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

8 Pegawai KKP Batam Positif Covid-19, Ini Tanggapan Achmad Farchanny
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 18-06-2020 | 15:04 WIB
covid-195.jpg Honda-Batam
ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca didapatkannya 8 pegawai Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam positif Covid-19, pemeriksaan kesehatan secara rutin akan dilakukan ke seluruh pegawai.

Kepala KKP Kelas I Batam Achmad Farchanny, melalui pesan singkatnya mengatakan, terpaparnya 8 pegawai KKP ini dikarenakan resiko pekerjaan pihaknya yang sangat tinggi.

Dalam penanganan pandemi Covid-19, pegawai KKP menjadi garda terdepan menjaga pintu masuk negara dan langsung berhubungan dengan pihak-pihak yang belum diketahui status kesehatannya.

"Protokol kesehatan di tempat kerja sudah sangat ketat kami terapkan. Ada kelalaian sedikit saja bisa langsung terpapar," kata Achmad Farchanny, Kamis (18/6/2020).

Dijelaskannya, dari hasil tracing dan pemeriksaan PCR kepada seluruh pegawainya, pihaknya mendapati 8 pegawai terkonfirmasi positif Covid-19. Yakni, 4 pegawai KKP di Kantor Induk Pelabuhan Batuampar, 1 pegawai di Pelabuhan Sagulung, 1 pegawai di Pelabuhan Nongsa, 1 di Pelabuhan Batam Centre dan 1 di Bandara Hang Nadim.

"Mendapati hal itu, kami langsung merujuk 8 pegawai ini ke RSIK Pulau Galang," ujarnya.

Pihaknya pun telah mengambil beberapa langkah untuk melakukan pencegahan penularan virus Covid-19 di wilayah kerjanya. Di antaranya, memperketat protokol kesehatan, melakukan pemeriksaan kesehatan kepada semua pegawai secara rutin, memberikan seluruh pegawai asupan penambah daya tahan tubuh.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan rumah singgah untuk desinfeksi petugas pasca menangani pasien atau pasca merujuk pasien ke RS, pemindah tugasan pegawai yang rentan ke kantor induk Batuampar, serta melakukan kontrol kesehatan secara rutin kepada pihak keluarga pegawai.

"Diharapkan langkah-langkah yang kami ambil ini dapat memutus mata rantai Covid-19 di Kota Batam. Mohon doa dan dukungannya untuk kesehatan dan keselamatan kita semua," tegasnya.

Editor: Chandra