Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

9 Warga Batam Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19, Total Jadi 195 Orang
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 17-06-2020 | 19:41 WIB
rudi-corona3.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sembilan Warga Batam, kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan ini, total pasien positif Covid-19 di Batam menjadi 195 kasus.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulis menyebutkan, sembilan pasien yang dinyatakan positif setelah pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam dengan hasil positif.

"Tambahan pasien ini merupakan temuan kasus baru KKP Batam dan hasing tracing closes contact yang terus berlangsung dari Cluster HOG Eden Park Kota Batam," kata Rudi, Rabu (17/6/2020).

Sembilan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, kata dia, terdiri dari 4 orang perempuan dan 5 orang laki-laki. Adapun data pasien tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pasien pertama yang dinyatakan positif Covif-19 adalah Seorang perempuan berinisial Ny. RABrG, berusia 28 tahun, ASN KKP Batam Wilker Pelabuhan Batam Centre. Ia beralamat di kawasan perumahan Benih Raya, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 187 Kota Batam, dan merupakan rekan kerja dari kasus nomor 166.

2. Seorang laki-laki berinisial Tn. ON, berusia 43 tahun, Security di Kantor KKP Batam, beralamat di kawasan perumahan Graha Nusa Batam, Kelurahan Sei Langkai, Kecamatan Sagulung. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 188 Kota Batam. Yang bersangkutan tertular dari kasus nomor 166, yang juga adalah rekan kerjanya.

3. Seorang perempuan berinisial Ny. REB, berusia 40 tahun, ASN KKP Batam Wilker Bandara Hang Nadim, beralamat di kawasan perumahan Kurnia Djaya Alam, Kelurahan Belian, Kecamatan Sekupang. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 189 Kota Batam. Yang bersangkutan juga tertular dari kasus nomor 166.

4. Seorang perempuan berinisial Ny. MAS berusia 31 tahun, ASN-P3K KKP Batam Wilker Pelabuhan Nongsa Pura, beralamat di kawasan perumahan Tiban BTN, Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 190 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan rekan kerja satu kantor dari kasus Terkonfirmasi Re-Infeksi Covid-19 Nomor 166.

5. Seorang perempuan berinisial Ny.AM usia 44 tahun, ASN KKP Batam Wilker Pelabuhan Marina City , beralamat di kawasan perumahan Villa Diamond, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan, Sekupang Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 191 Kota Batam. Ia juga tertular dari kasus Terkonfirmasi Re-Infeksi Covid-19 Nomor 166.

6. Seorang anak laki-laki berinisial An. MDV usia 04 tahun, Belum Bersekolah, beralamat di kawasan perumahan Pondok Pelangi, Kelurahan Tiban Indah Kecamatan Sekupang, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 192 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari terkonfirmasi kasus nomor 177 (Tn.JF) yang merupakan rekan sekantor dari kasus Terkonfirmasi Re- Infeksi Covid-19 Nomor 166 Kota Batam.

7. Seorang laki-laki berinisial Tn. R berusia 41 Tahun, Karyawan BPR di Batu Aji , beralamat di kawasan perumahan Taman Sari Hijau, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 193 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan suami dari terkonfirmasi kasus nomor 176 (Ny.T) yang merupakan rekan sekantor dari kasus Terkonfirmasi Re-Infeksi Covid- 19 Nomor 166 Kota Batam.

8. Seorang laki-laki berinisial TN.RtS berusia 20 tahun, Mahasiswa, beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 194 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 172, yang merupakan teman dan tetangga dari kasus Terkonfirmasi Positif Nomor 164 (Ny.LS) Tukang Urut/Pijat yang berkaitan dengan Cluster HOG Eden Park.

9. Seorang Remaja laki-laki berinisial TN.RdS berusia 15 tahun, Pelajar , beralamat di kawasan perumahan Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor 195 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan adik kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 194 dan anak kandung dari Terkonfirmasi Positif Nomor 172, yang merupakan teman dan tetangga dari kasus Terkonfirmasi Positif Nomor 164 (Ny.LS) Tukang Urut/Pijat yang berkaitan dengan Cluster HOG Eden Park.

"Dari ke-9 pasien ini, tujuh di antaranya tertular dari kasus terkonfirmasi Re-Infeksi Covid-19 nomor 166 yang saat ini masih dalam perawatan di RSKI Covid-19 Galang Kota Batam. Sementara dua lainnya tertular dari Cluster HOG Eden Park," tambahnya.

Walaupun mereka telah dinyatakan positif Covid-19, lanjutnya, kondisi masing-masing pasien sejauh ini dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berartiserta saat ini sudah dalam perawatan isolasi arau karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Dengan adanya penambahan ini, sebutnya, masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

"Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dan himbauan pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus Covid-19 di Kota Batam," pungkasnya.

Editor: Gokli