Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selamatkan 2 ABK Kapal Ikan China yang Terjun ke Laut, Tengku Azhar Dapat Penghargaan dari Kapolres Karimun
Oleh : Freddy
Senin | 08-06-2020 | 17:20 WIB
nelayan-karimun2.jpg Honda-Batam
Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan AS (tengah) besama nelayan yang diberi penghargaan serta 2 PMI. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan AS memberikan penghargaan kepada Teuku Azhar, seorang nelayan yang telah ikut andil dalam menyelamatkan dua orang pekerja migrain Indonesia (PMI) yang merupakan ABK kapal ikan China Lu Qing Yuan Yu.

Kedua ABK tersebut, Andri Juniansyah ( 21), beralamat di Dusun Kado Permai, Utan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dan Reynalfi (30) tahun, beralamat di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar, Pemantang Siantar.

Keduanya diketahui terjun ke laut dari kapal Lu Qing Yuan Yu di Perairan Karimun, Sabtu (6/6/2020) lalu, dan sempat terombang-ambing selama 7 jam sebelum diselamatkan oleh Teuku Azhar.

Upacara pemberian penghargaan dan ucapan terima kasih kepada nelayan Karimun tersebut dipimpin langsung Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan AS di halaman Mapolres Karimun Senin (8/6/2020).

Kapolres mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan penghargaan kepada Tengku Azhar, yang telah ikut membantu tugas kepolisian dan membantu menyelamatkan 2 orang PMI, setelah terapung-apung lebih kurang tujuh jam di Perairan Karimun.

"Selaku Kapolres Karimun, saya mengucapkan terima kasih kepada Tengku Azhar yang telah ikut membantu tugas kepolisian, dengan telah menyelamatkan 2 orang warga negara Indonesia yang bekerja ABK di Kapal Lu Qing Yuan Yu," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Tengku Azhar merupakan bentuk kepedulian masyarakat Kabupaten Karimun dalam rangka membantu tugas kepolisian memelihara Harkamtibmas demi terwujudnya perpolisian masyarakat yang baik di wilayah hukum Polres Karimun.

Terpisah, Tengku Azhar mengatakan, sebagai warga yang bekerja nelayan, dirinya ingin mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian dan penghargaan yang diberikan Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan AS yang menganggap telah membantu tugas kepolisian.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, 2 ABK kapal ikan Lu Qing Yuan Yu 213, yang menyelamatkan diri dari penyiksaan dengan terjun ke laut, sempat terapung-apung di perairan Karimun selama lebih kurang 7 jam lamanya. Mereka, terjun dari kapal ikan tempat mereka bekerja tersebut dan akhirnya diselamatkan Tengku Azhar, nelayan Karimun yang sedang mencari ikan di sekitar perairan tersebut.

Editor: Gokli