Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Produk Anti-Corona Buatan RI, Mulai Rapid Test hingga Robot Raisa
Oleh : Redaksi
Rabu | 20-05-2020 | 15:52 WIB
corona-lagi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hari ini meluncurkan 55 produk riset, teknologi dan inovasi yang ditujukan untuk percepatan penanganan COVID-19. Produk-produk itu sudah lolos uji coba dan siap diproduksi secara masal.

Produk-produk buatan putra-putri Indonesia itu resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi juga sempat melihat langsung 9 produk buatan anak bangsa untuk percepatan penanganan COVID-19.

Beragam produk yang dia lihat langsung mulai dari produk rapid test hingga yang menggunakan teknologi seperti artificial intelligence serta robot. Dia mencontohkan produk Rapid Diagnostics Test IgG/IgM COVID-19.

"Kemarin saya sudah melihat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya bisa produksi berapa? Sudah kira-kira 100.000. Kalau di produksi sudah langsung jalan," ujarnya dalam sambutannya, Rabu (20/5/2020).

Jokowi juga sempat mengecek produk PCR Test Kit COVID-19 buatan anak Indonesia. Produk ini juga sudah diuji dan sudah bisa berproduksi diatas 100.000 produk.

"Kemudian ada ventilator, emergency ventilator yang ini kemarin yang saya lihat ada karya dari BPPT, ITB, UI, UGM dari PT Dharma dari PT poly Jaya yang sudah mulai membuat ventilator dan ini tinggal produksinya," ucapnya.

Jokowi juga melihat sendiri produk buatan anak bangsa sebuat mobile lab BSL-2 yang bernama Mobile Lab Biosafety Level 2. Ada juga produk Imunomodulator Herbal yang merupakan obat imun tubuh berasal dari herbal asli Indonesia.

"Ada juga sistem Artificial Intelligence untuk deteksi COVID-19. Ini juga bisa kita kerjakan sendiri," ujarnya.

Berikut 9 produk buatan anak Indonesia yang dilihat langsung oleh Jokowi:

1. PCR Test Kit COVID-19
2. Rapid Diagnostics Test IgG/IgM Covid-19
3. Emergency Ventilator VENT-I
4. Imunomodulator Herbal Asli Indonesia
5. Plasma Convalesence
6. Mobile Lab Biosafety Level 2
7. Sistem AI untuk deteksi COVID-19
8. Medical Assistant Robot Raisa dan Autonomous UVC Mobile Robot
9. Powered Air Purifying Respirator

Sumber: Detik.com
Editor: Chandra