Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Sembako Ternyata Lebih Murah Tahun Ini Dibanding Tahun Lalu
Oleh : Romi
Senin | 18-05-2020 | 13:05 WIB
sembako_batam_murah.jpg Honda-Batam
Kasi Sarana Distribusi Perdagangan Disperindag Kota Batam Siti Oktaria saat melakukan sidak pangan di Pasar Jodoh (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Imbas Covid-19, harga sembako di Batam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tergolong murah dibandingkan tahun lalu.

Seperti disampaikan Siti Oktaria, Kasi Sarana Distribusi Perdagangan Disperindag Kota Batam, usai melakukan sidak pangan di Pasar Kawasan Jodoh, Senin (18/5/2020).

Menurutnya, harga sembako tahun ini sangat normal dibandingkan dengan tahun lalu yang bisa meningkat signifikan.

"Kita bisa melihat pada harga cabe merah. Meskipun saat ini mengalami peningkatan harga, tapi tetap stabil dari tahun lalu," ujar Siti.

Dijelaskan, untuk tahun lalu harga cabe merah bisa menembus Rp 100 ribu per kilogran Namun saat ini justru masih berkisar Rp 30 ribu per kilogram.

"Harga Rp 30 ribu itu setelah mengalami kenaikan dari minggu lalu, yakni Rp 20 ribu per kilogramnya. Jadi harga masih relatif stabil," jelasnya.

Ditambahkan, turunnya harga itu memang dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Sebab, banyak usaha-usaha masyarakat yang membutuhkan sembako seperti hotel, dan katering.

"Kondisi sekarang banyak usaha seperti katering dan perhotelan tutup, sehingfa permintaan itu berkurang. Kondisi ini juga mempengaruhi harga," pungkasnya.

Editor: Surya