Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Pertahankan Bisnis UKM di Tengah Pandemi Covid-19
Oleh : Redaksi
Senin | 11-05-2020 | 09:40 WIB
bisnis-ukm1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi UKM.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pandemi Corona membawa dampak besar di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Namun, dampak ini juga dapat menjadi kesempatan untuk menciptakan peluang usaha sendiri yang bisa dimulai di masa sulit ini.

Saat ini perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi transaksi luring. Terbukti dari hasil riset Kantar pada Februari 2020 yang menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen karena perubahan perilaku masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Berikut adalah kiat untuk memulai dan mempertahankan bisnis UKM di tengah pandemi dikutip dari siaran resmi Paxel, Senin.

1. Inovasi produk berdasarkan kebutuhan
Permintaan masker kain yang meningkat selama pandemi membuat banyak brand fashion pun banting setir menciptakan produk-produk yang diinginkan masyarakat. Membuat inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi untuk bertahan di tengah pandemi.

2. Perhatikan standar kualitas produk
Mengingat banyak toko yang tidak bisa beroperasi, manfaatkan momen dengan membuat paket ekonomis agar produk bisa bertahan.

Mempertahankan kualitas produk salah satunya adalah memastikan produk dikirim dalam keadaan baik ke tangan konsumen.

3. Maksimalkan layanan pengiriman hari yang sama
Bisnis UKM di jalur daring dibarengi dengan kebutuhan layanan logistik. UKM dapat memanfaatkan layanan pengiriman dalam hari yang sama agar produk bisa diterima secara cepat oleh konsumen.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha