Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lady Rocker Inka Christie Luncurkan Single Religi 'Ampuni Dosaku'
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-05-2020 | 12:04 WIB
inka-crhisti.png Honda-Batam

PKP Developer

Lady Rocker Inka Christie. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lady rocker era tahun 90-an, Inka Christie merilis single religi bertajuk, 'Ampuni Dosaku'.

Melalui PT. Musica Publiser Indonesia, lagu ini diunggah ke platform digital YouTube pada Minggu, 19 April 2020 dan sudah ditonton 8.256 kali, Jumat (1/5/2020). Di balik kesuksesan lagu itu, sang lady rocker era 90-an mengisahkan sebelum menuliskan lagu itu.

Menurutnya, setahun sebelum merilis lagu itu dirinya sudah menyiapkan album religi, jumlahnya ada sembilan lagu. Khusus lagu Ampuni Dosaku ini belum diciptakan karena pada waktu itu ia sedang menjalankan ibadah umrah pada Desember 2019. Usai umrah, ia kemudian menyelesaikan album religinya.

Tentu saja ini dilakukan setelah dirinya berdiskusi dengan PT. Musica Publiser Indonesia selaku label music yang menaunginya. Selesai menyelesaikan single itu, sebulan kemudian terjadi wabah corona. Walau demikian, lanjut Inka Christie, lagu itu inspirasinya adalah doa-doa yang dikabulkan Allah Subhanahu Wata 'Ala.

"Jadi sebenarnya lagu ini inspirasinya adalah mohon maaf bukannya riya' (pamer) tapi memang doa yang dikabulkan sama Allah. Saya selalu ingin dibolak-balikkan ke tanah suci. Saya melihat di tanah suci, di baitullah mereka berbondong-bondong ke Makkah dan Madinah, memohon kepada Allah ampunan dosa," ujar penyanyi bernama asli Hj. Rinni Chries Hartono, Jumat (1/5/2020).

Selain itu, lanjut Inka, salah satunya ada niat apabila sudah memiliki suami atau sudah mendapatkan jodoh, dirinya ingin sekali pergi umrah maupun haji bersama suami. Sebab, selama ini, setiap kali dirinya pergi umrah dan berhaji, ia selalu sendirian.

"Alhamdulillah kemarin ada kesempatan berumrah dengan suami dan di sana kami berdoa dan melihat sekitar keadaan tanah haram. Di sana begitu banyak orang menangis, memohon kepada Allah untuk meminta ampunan agar dosanya dihapus," ujar penyanyi kelahiran Bandung 20 Januari 1975 silam.

Demikian juga dengan dirinya saat berada di tanah suci, ia tidak pernah berhenti menangis saat melihat Ka'bah di Makkah, ziarah ke Raudhah dan melihat makam Rasulullah di Madinah. Menurutnya, setiap orang yang bertandang ke tanah suci tiada lain meminta syafaat dan ampunan dari Allah Subhanahu Wata 'Ala.

"Begitu juga dengan saya, tangisan yang tiada pernah henti-hentinya ketika melihat Ka'bah, berangkat ke Raudhah, melihat makam junjungan nabi besar, Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Salam. Di situ tiada lain, tiada bukan orang meminta syafaat dan minta ampunan kepada Allah," tutur Inka terharu.

Sepulang dari umrah, dirinya ingin menuliskan lagu. Membuat sebuah lagu tentang permohonan ampun kepada Allah agar dosa dihapuskan. Ia menambahkan bahwa hidup manusia di dunia ini hanyalah sementara saja. Manusia tidak pernah tahu kapan ajal atau maut akan menjemputnya.

"Bisa saja besok, lusa, keadaan sehat pun bisa saja terjadi dan tidak melihat kondisi apa pun. Baik di usia muda atau usia yang sangat tua. Jadi selagi sehat dan diberikan kesempatan, banyak-banyak berdoa dan memohon kepada Allah supaya diampunkan dosa-dosa kita," ajak Inka.

Ia menceritakan, ketika dirinya sedang berproses menulis lirik pertama lagu Ampuni Dosaku, ada teman yang meninggal dengan tiba-tiba, yakni sahabatnya atau dari kalangan selain musisi. Di situlah dirinya sadar dan berfikir bahwa ajal datang tiba-tiba. Manusia menjadi waiting list, hanya saja tidak pernah tahu kapan wafatnya.

"Mohon maaf saya bukan siapa-siapa. Saya ingin menyampaikan agar lagu ini bisa menjadi sesuatu yang positif. Dan ini adalah sebagai proses diri saya membuat lagu religi. Saya menyampaikan kepada teman-teman yang belum berhijrah, artinya mari kita sama-sama belajar," pinta Inka.

Dia hanya ingin mengingatkan kepada teman-teman atau penggemarnya yang belum terketuk hatinya semoga dengan mendengarkan lagu ini cepat-cepat mendapatkan hidayah. Sebab hidayah itu tidak ditunggu melainkan seseorang harus berikhtiar meraih hidayah itu.

"Semoga dengan mendengarkan lagu ini, dengan melihat lirik lagu ini yang memang liriknya ditulis ingin dosanya diampuni agar kelak ketika kita meninggal sudah jelas tujuannya. Adalah kita ingin memasuki surga dan dijauhi dari segala siksaan," jelas Inka dengan terbata-bata.

Jadi, lanjut Inka dalam mengisahkan lagu ini, dirinya merasa khawatir karena ia masih masih dalam taraf belajar mendalami agama. Terutama, lagu ini ditujukan untuk diri sendiri dan memang lagu 'Ampuni Dosaku' adalah pengalaman pribadinya, begitu banyak dosa yang sudah ia lakukannya.

Menyikapi wabah corona (COVID-19), ia mengajak masyarakat Indonesia berdoa bersama-sama. Karena dengan kekuatan doa akan mengubah segalanya. "Saya dalam keadaan sehat wal afiat. Semoga saudaraku semua sehat wal afiat dan mendapatkan rahmat dan syafaat dari Allah Subhanahu Wata 'Ala," ujarnya.

Selain merilis single religi 'Ampuni Dosaku' Inka Christie juga melantunkan sebuah single religi berjudul 'Shalawat Lii Khamsatun' yang dirilis pada Kamis 30 April 2020.

Penggemar yang ingin menonton lagu 'Ampuni Dosaku' bisa mengunjungi https://www.youtube.com/watch?v=qmzPoqQVmVY dan 'Shalawat Lii Khamsatun' dengan klik tautan https://www.youtube.com/watch?v=xciMe9oWgRI&feature=youtu.be.

Editor: Dardani