Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yayasan Masjid Baitul Mustaqim Gelar Kegiatan 4444 Kota Batam Bersama Anak Yatim
Oleh : Romi
Minggu | 19-04-2020 | 09:32 WIB
4444_batam_anak_yatim.jpg Honda-Batam
Santunan anak Yatim yang dilakukan Yayasan Masjid Baitul Mustaqim (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Yayasan Masjid Baitul Mustaqim Perumahan Pesona Mantang Bengkong terus aktif mengusahakan santunan kepada anak-anak yatim.

Mengingat, Islam sangat menganjurkan agar orang-orang beriman menyantuni dan menyanyangi serta memperhatikan anak-anak yatim maupun yatim piatu.

Untuk tahun 2020 ini, direncanakan sebanyak 1250 anak yatim yang ada di Kota Batam bakal menerima santunan. Penyerahan santunan sudah mulai dilakukan sejak kemarin, Jumat (17/4/2020) dan diagendakan pelaksanaannya selam 10 hari ke depan.

Ketua Yayasan Masjid Baitul Mustaqum, Zulfariadi menyebutkan, program ini telah dilakukan secara rutin selama empat tahun terakhir. Untuk tahun ini, kegiatan santunan ini awalnya direncanakan berbarengan dengan kegiatan Dzikir Sholawat Akbar 4444 yang kan dilaksanakan di Kepri Mall., namun dibatalkan dan akan langsung dibagikan ke sekolah-sekolah Kegiatan tersebut diberi nama 4444 Batam Bersama Yatim.

"Namun kehendak Allah SWT yang menentukan, dengan situasi pencegahan penularan wabah covid-19 (corona), tidak memungkinkan untuk dilaksanakannya kegiatan dimaksud," ujarnya, Sabtu (18/4/2020).

Panitia pelaksana kemudian mengadakan musyawarah memutuskan santunan anak yatim tingkat Kota Batam ke IV tahun 2020 dilakukan dengan cara menyantuni langsung ke SD, sesuai data yang diperoleh dari sekolah masing-masing di 12 kecamatan, terutama anak yatim yang berada di kota maupun pulau-pulau sekitarnya.

"Panitia telah mulai melaksanakan pembagian santunan dengan cara membagikan ke sekolah-sekolah secara simbolis. Santunan ini khusus diberikan pada anak-anak yatim yang masih duduk di bangku SD," tuturnya.

Sementara Ketua Panitia pelaksana, M Herawandi menjelaskan, sumber dana dari santunan ini didapat bekerjasama Dinas Sosial, Kemenag, Dinas Pendidikan, Biq Radioqu 104.7 FM, masjid-masjid dan masyarakat serta Ormas Islam lainnya.

"Penggalangan dana dilaksanakan setiap hari Jumat di nasjid-masjid yang telah disepakati bersama dan mendapat izin oleh pengurus masjid. Santunan yang diberikan berupa uang tunai beserta perlengkapan sekolah," jelas Herwandi, didampingi Sekretaris M Sudarsono Limbong, bersama dua bendahara, Hinsar Undiver dab Muhammad Soleh Harahap.

"InsyaaAllah mudah-mudahan dengan kegiatan Santunan Anak Yatim Tingkat Kota Batam KE IV tahun 2020 ini, Allah SWT memberikan keberkahan dan keselamatan kepada Umat Islam dan masyarakat pada umumnya," tambahnya lagi.

Untuk hari pertama, santunan telah dibagikan untuk wilayah Kecamatan Batuampar, Bengkong. Sementara hari kedua pembagian dilakukan untuk Kecamatan Belakangpadang, Kecamatan Nongsa dan Seibeduk.

"Mudah-mudahan pelaksanaan pembagina santunan selesai dibagikan dalam waktu 10 hari ini untuk setiap kecamatan yang ada di Kota Batam," pungkasnya.

Editor: Surya