Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Pasien Covid-19 di Batam Meninggal Dunia
Oleh : CR-3
Selasa | 14-04-2020 | 13:17 WIB
Kadinkes-Batam-Didi-BTD1.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Paschall RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu lagi pasien Covid-19, berinisial J, akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di RSBP (Rumah Sakit Badan Pengusahaan) Batam, Selasa (14/4/2020), sekira pukul 9.45 WIB.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi, melalui selularnya, Selasa (14/4/2020) siang.

"Iya benar, pagi tadi pasien covid-19 nomor 10 ini dinyatakan meninggal dunia di RSBP Batam. Ia menghembuskan nafas terakhirnya sekira pukul 9.45 Wib," kata Didi.

Pasien nomor 10 ini, kata Didi, merupakan pria berumur 64 tahun. Berdasarkan rilis kemarin, kondisi pasien sudah lemah.

Didi menjelaskan, dari hasil pemeriksaan swab yang dilakukan terhadap pasien tersebut, hasilnya dinyatakan Negatif. Walau begitu, untuk menyatakan pasien itu telah sembuh, minimal harus 2 kali Swab ulangan dengan hasil Negatif.

"Hasil swab pertama, sesuai dengan standart kesehatan yang berlaku belum dapat dijadikan patokan untuk menyatakan pasien tersebut telah sembuh. Minimal harus 2 kali Swab ulangan dengan hasil Negatif baru bisa dinyatakan pasien itu telah sembuh," ujarnya.

Dengan demikian, sambungnya, proses penyelenggaraan jenazah masih mengikuti prosedur pasien covid-19. Dan di makamkan siang ini di TPU Sei Temiang.

"Karena jenazah pasien ini belum dinyatakan sembuh, maka akan dimakamkan sesuai dengan prosedur pasien Covid-19. Rencananya, jenazah ini akan dimakamkan siang ini di TPU Sei Temiang," pungkasnya.

Editor: Dardani