Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paska Kerusuhan Lapas Tuminting Manado, Pengamanan Rutan dan Lapas di Batam Diperketat
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 13-04-2020 | 12:36 WIB
karutan1.jpg Honda-Batam
Karutan Batam, Yan Patmos. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pasca narapidana Lapas Tuminting, Manado, Sulawesi Utara mengamuk minta dibebaskan, aparat kepolisian langsung melakukan pengawasan di Rutan Kelas II A Batam.

Karutan Batam, Yan Patmos membenarkan pengawalan ketat yang dilakukan aparat kepolisian dari Polsek, Polresta hingga Polda Kepri untuk mengecek situasi narapidana di Rutan Kelas II A Batam.

"Hampir setiap malam 20 anggota polisi terus berdatangan. Mulai dari Polsek Sagulung, Polresta Barelang dan Polda Kepri. Mereka singgah dan menanyakan kondisi dan situasi narapidana," ujar Yan Senin (13/4/2020).

Selain itu, ia mengaku setelah mendapat kabar tentang adanya keributan di Lapas Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, pihaknya pun juga langsung melakukan pengawasan ketat dalam blok tahanan. Mulai dari petugas sipir melakukan patroli dalam blok serta di samping lokasi Rutan.

"Untuk saat ini, Rutan Batam aman dan kondusif. Jadi, rutin patroli untuk menghindari dan antisipasi dan mudah-mudahan tak terjadi di Batam ini," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan disampaikan oleh Misbahuddin, Kalapas Kelas II A Batam.

"Setelah mendapat kabar tersebut, tim sambang dari Polda Kepri, Polresta Barelang dan Polsek Sagulung langsung melakukan patroli. Jadi untuk saat ini masih aman dan tenang. Dan mudah-mudahan tak terjadi di Batam ini juga," ujarnya singkat.

"Ditambah kekhawatiran mereka terhadap virus corona," ujar Lumaksono.

Editor: Yudha