PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Dabo Singkep Siagakan Dua Posko Darurat Covid-19
Oleh : Wandy
Selasa | 31-03-2020 | 16:36 WIB
posko-covid-19.jpg honda-batam
Posko siaga darurat Covid-19 di RSUD Dabo Singkep, Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo Singkep, Lingga menyediakan posko siaga darurat Covid-19.

Hal tersebut dilakukan untuk melakukan screening awal para pengunjung ke rumah sakit. Baik itu pasien maupun pendamping pasien yang rawat jalan maupun rawat inap.

"Kita mendirikan posko siaga darurat Covid-19 guna melakukan screening awal para pengunjung yang datang ke RSUD Dabo Singkep," kata Direktur RSUD Dabo Singkep, dr Bukit Tua Rayanto Gultom saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (31/3/2020).

Bukit menjelaskan, hal tersebut guna memastikan lebih awal. Jadi ketika pasien ada yang mengalami keluhan batuk pilek maka akan diarahkan ke posko siaga darurat Covid-19.

"Di mana kita menggali riwayat perjalanan dia, sudah berapa lama dia batuk pileknya dan kita cek suhu tubuhnya lalu lalu kita berikan obat sesuai dengan keluhannya. Dan kita edukasi pasien tersebut agar tetap di rumah saja, jika tidak ada keperluan yang mendesak," jelas Bukit.

Bukit menuturkan, jika misalnya pasien tidak memiliki gejala namun saat memasuki wilayah rumah sakit dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. "Maka jika tidak memiliki gejala, saat memasuki wilayah rumah sakit dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di fasilitas yang telah disediakan," tuturnya.

Dan pihak rumah sakit juga melakukan disinfektan seluruh ruangan baik di rawat inap maupun rawat jalan.

"Jadi sesudah pelayanan baik rawat jalan maupun rawat inap tetap melakukan disinfektan. Tujuannya mensterilkan ruangan. Karena disinfektan itu bukan untuk orang hidup melainkan untuk benda mati," tutupnya.

Editor: Gokli