Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Bintan Siapkan Rp 2 Miliar untuk Tes Covid-19
Oleh : CR-2
Sabtu | 21-03-2020 | 16:36 WIB
dinkes-bintan.jpg Honda-Batam
Kantor Dinas Kesehatan Bintan. (Foto: Erik Asari)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan menyiapkan dana Rp 2 miliar untuk pemeriksaan Covid-19 yang akan dilakukan Gugus Tugas yang sudah dibentuk, hari ini, Sabtu (21/3/2020).

Hal ini dilakukan menyusul adanya instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan tes Covid-19 kepada warganya masing-masing.

Kapala Dinas Kesehatan Bintan, Gama Isnaini menerangkan, pihaknya mungkin mendapatkan anggaran yang agak lebih besar karena Gugus Tugas Dinkes akan menyiapkan penyediaan alat-alat, bahan-bahan habis pakai untuk seluruh Bintan.

"Pemerintah Kabupaten Bintan sudah menganggarkan Rp 2 miliar untuk keperluan penanganan Covid-19 dan tentu saja Dinkes akan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang akan diperlukan," terang Gama.

Sementara terkait kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) baik itu masker, handsanitizer dan baju perlengkapan petugas perawat, Gama menambah, "Untuk pakaian APD bagi petugas perawat kita kemaren sudah mendapat bantuan dari provinsi 6 stel dan juga akan kita adakan dianggaran gugus tugas tersebut. Untuk informasi sementara di Kabupaten Bintan pasien ODP 4 orang yakni di Bintan Timur dan Bintan Utara sedangkan untuk PDP belum ada."

Terkait ketersediaan alat tes, Pemerintah Kabupaten Bintan akan menunggu droping dari Pemerintah Pusat. "Saat ini semuanya alat masih proses perjalanan pengambilan dari China, sebenarnya kita sudah menganggarkan tetapi kita masih menunggu apakah kita menunggu kebijakan dari pusat atau kita dapat droping dari pusat. Kalau tidak dapat mungkin kita beli khusus untuk daerah jika alat tersebut sesuai SOP dan standarisasinya," pungkasnya.

Editor: Gokli