Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nutrisi Pembawa Keberuntungan
Oleh : Redaksi/detikHealth
Kamis | 03-05-2012 | 12:16 WIB

BATAM, batamtoday - Di beberapa negara, jenis makanan tertentu dikonsumsi bukan hanya untuk mendapatkan manfaat dari gizinya saja, tetapi karena keyakinan dapat membawa keberuntungan. Beberapa makanan dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemakannya. 

Berikut 7 makanan yang dipercaya membawa keberuntungan seperti dilansir dari youbeauty, Kamis (3/5/2012) antara lain: 

1. Bawang putih sebagai pelindung 

Selama berabad-abad orang menggunakan bawang putih yang diyakini ampuh untuk melindungi diri dari setan, vampir, manusia serigala dan sihir. Karena Anda tidak mungkin menghadapi hal-hal mistis tersebut, Anda dapat makan bawang putih untuk mengatasi rasa sakit. 

Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur dan mengandung berbagai vitamin dan mineral.

2. Mie Panjang memberikan umur panjang 

Berdasarkan tradisi tahun baru Cina atau Imlek, makan mie panjang tak terputus dapat membuat Anda panjang umur. Bahkan ada juga yang mengatakan memotong mie dengan menggigit dapat mempersingkat hidup Anda. 

Sebenarnya mengunyah mie dengan baik sebelum menelan dapat membantu mengontrol berat badan dan pencernaan yang membuat Anda tetap sehat. Pilihlah mie panjang yang terbuat dari gandum yang rendah kalori dan rendah glikemik. 

3. Sayuran Hijau mendatangkan kemakmuran 

Sayuran hijau seperti kubis, kangkung dan bayam adalah tanaman yang menjadi makanan keberuntungan berdasarkan keyakinan orang-orang di Jerman, Irlandia dan Amerika Selatan. 

Bukan hanya karena sayuran hijau begitu kaya akan gizi tetapi orang-orang percaya bahwa sayuran hijau dapat mendatangkan kekayaan dan kemakmuran bagi pemakannya karena mengibaratkannya seperti uang kertas. 

4. Kacang-kacangan membawa nasib baik 

Kacang-kacangan dipercaya mendatangkan keberuntungan karena bentuknya yang menyerupai koin. Kacang-kacangan juga kaya protein, folat, zat besi, rendah lemak jenuh dan sumber serat yang baik untuk tubuh Anda. 

Folat membantu pergantian sel untuk menjaga kulit tampak segar dan zat besi dapat memperlancar aliran darah. Dengan makan makanan ini, Anda dapat menikmati nasib baik yang tampak dari kulit yang awet muda. 

5. Ikan mendatangkan keberuntungan 

Ikan dikatakan membawa keberuntungan dengan alasan karena sisik ikan yang menyerupai koin. Di Jerman, orang bahkan memasang beberapa sisik ikan di dompet agar mendapatkan keberuntungan.

Ikan memang makanan yang sehat karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi seperti ikan salmon dan sarden untuk kelenturan kulit. 

6. Kacang polong bermata hitam mendatangkan keberuntungan 

Yahudi kuno memiliki tradisi makan kacang polong bermata hitam untuk mendapatkan keberuntungan di tahun baru yang merupakan takhayul tetapi nyata dilakukan. 

Kacang polong bermata hitam penuh dengan protein, serat dan semua kebaikan untuk jantung yang sehat serta dapat mencegah kanker. 

7. Buah anggur dapat mendatangkan keberuntungan 

Di Madrid, Spanyol, tradisi makan 12 buah anggur diyakini dapat membawa keberuntungan. 

Sebenarnya, buah anggur adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu Anda menghindari nasib buruk karena penyakit kanker dan penyakit jantung koroner.