PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

AHY Terpilih sebagai Ketum Demokrat Gantikan SBY
Oleh : Redaksi
Minggu | 15-03-2020 | 17:32 WIB
ahy_demokrat.jpg honda-batam
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusan tersebut diambil dalam kongres ke-V Partai Demokrat yang digelar di JCC, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

"Setelah kami melakukan verifikasi administrasi caketum, dan dinyatakan memenuhi persyaratan, maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan ayat 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai ketum partai demokrat 2020-2025, apakah dapat disetujui?" kata pimpinan sidang kongres EE Mangindaan berdasarkan video yang diterima dari politikus Partai Demokrat Jansen Sitindaon yang sudah dikonfirmasi.

Dalam cicitannya, Jansen menulis bahwa dukungan terhadap AHY sebanyak 34 DPD dan 514 DPC.

Dalam video tersebut usai ditetapkan sebagai ketua umum, terlihat AHY mengibarkan bendera Partai Demokrat. Setelah itu AHY langsung menyambangi mantan ketua umum Partai Demokrat yang juga ayah dari AHY, SBY dan memeluk SBY.

Sampai berita ini ditulis sidang masih digelar tertutup. Rencananya ketua umum terpilih akan menyampaikan pidato sore ini.

Mantan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Andi Arief mengucapkan selamat lewat akun resminya. "Selamat buat AHY yang secara aklamasi dipercaya memimpin Partai Demokrat 2020 -2025 dalam Kongres V 2020," cuitnya.

Kongres V Partai Demokrat ini dibayang-bayangi pandemi virus corona baru (Covid-19). Panitia pun sempat mendatangi Gubernur DKI Jakarta karena sebelumnya sempat tersiar kabar Gubernur Anies tidak memberi izin kongres yang melibatkan ribuan orang tersebut dari 34 provinsi. Belakangan diambil jalan tengah setiap DPC dan DPD harus disertai dokter.

Editor: Surya