Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menhub Budi Karya Sumadi Positif Terjangkit Corona, Tercatat sebagai Pasien 76
Oleh : Redaksi
Minggu | 15-03-2020 | 08:32 WIB
menhub_budi_karya1.jpg Honda-Batam
Menhub Budi Karya Sumadi (foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (BKS), dipastikan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Kabar mengenai BKS positif terpapar corona itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

 

Pratikno mengaku, dirinya menyampaikan informasi itu atas izin dari keluarga dari Budi Karya. "Ini kami sampaikan atas izin keluarga," kata Pratikno di gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Pratikno menyatakan kondisi kesehatan Budi karya semakin baik. "Alhamdulilah kami kerja keras agar semakin sehat dan pasien-pasien lain juga," kata dia.

"Alhamdulillah kondisi kesehatan Pak Menhub semakin baik dan doa kita bersama kerja keras beliau semakin sehat dan pasien-pasien lain semakin sehat," ujarnya.

Kondisi dan keadaan Budi Karya Sumadi dikonfirmasi Kepala RSPAD Gatot Subroto Albertus Budi Sulistio.

"Saya selaku wakil kepala RSPAD Gatsu. Seizin pimpinan dan seizin keluarga dari pasien nomor 76 [Menhub Budi Karya Sumadi] yang sudah disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk Covid-19. Benar pada saat ini pasien kalau tidak salah nomor 76 sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto dan dengan beberapa undelying disease dan juga hasil laboratorium confirm untuk Covid-19," katanya.

Sebelumnya, juru bicara Menhub, Adita Irawati, menyampaikan bahwa Budi Karya menjalani perawatan karena sakit tifus dan asma. BKS mengalami sakit setelah melakukan rangkaian kunjungan kerja, salah satunya ke Toraja.

"Sedang beristirahat di rumah karena gejala tifus setelah beberapa waktu lalu melakukan rangkaian kunjungan kerja ke luar kota selama beberapa hari ke Toraja, Luwuk, Wakatobi, Makassar, Parepare, Kertajati, dan Indramayu," kata Adita, Selasa (11/3/2020).

Budi Karya sebelumnya sempat hadir dalam salah satu agenda negara untuk bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Negara Belanda Cora Van Nieuwenhuize untuk membahas peluang kerja sama di sektor transportasi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Pada hari yang sama, Budi juga sempat terlihat meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan usai melaksanakan rapat terbatas soal Penyelesaian Permasalahan Pertanahan Sumatra Utara bersama dengan menteri Kabinet Indonesia Maju.

Editor: Surya