Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Kembangkan Bandara Hang Hadim Jadi Logistic Aerocity
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 19-02-2020 | 11:41 WIB
suwarso15.jpg Honda-Batam
Direktur Bandar Udara dan Teknologi Informasi BP Batam, Suwarso. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktur Bandar Udara dan Teknologi Informasi BP Batam, Suwarso mengatakan selain pengembangan MRO, BP Batam saat ini juga tengah merencanakan pengembangan terminal satu dan pembangunan terminal dua serta kargo di Bandar Internasional Hang Nadim Batam.

"Untuk MRO itu melanjutkan yang lalu, dimana pihak PT BAT mengajukan penambahan lahan menjadi 50 hektar," kata Suwarso, Selasa (18/2/2020).

Untuk proyek terminal penumpang dan kargo, menurut dia, masih menunggu proses lelang. Rencananya akhir bulan Maret selesai. Dengan skema kerjasama pemerintah dan badan udaha (KPBU), dengan estimasi investasinya mencapai USD448 juta.

BP Batam merencana menjadikan Bandara Hang Nadim menjadi logistic aerocity. Karena letaknya yang memang strategis di wilayah Regional Asia Tenggara dan sangat dekat dengan berbagai pusat kegiatan infrastruktur dan economic cluster.

Lokasi Bandar Hang Nadim juga berdampingan dengan pelabuhan kargo dan kawasan industri, serta memiliki ketersediaan lahan yang memadai untuk pengembangan hub kargo dan kegiatan operasi penerbangan lainnya.

"Luas area sekiar 1.762 hektar, ke depan akan dilengkapi fasilitas idustri, e-commerce, telekomunikasi, logistic, hotel, retailer, entertament centre, exhibition hall dan perkantoran," pungkasnya.

Editor: Yudha