Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim 0318/Natuna Edukasi Mahasiswa STAI Tentang Virus Corona
Oleh : Kalit
Senin | 10-02-2020 | 19:41 WIB
eduksi-corona.jpg Honda-Batam
Suasana sosialisasi pengenalan dan pencegahan virus corona di Aula STAI Natuna, Senin (10/2/2020). (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kodim 0318/Natuna menggelar sosialisasi serta pengenalan dan pencegahan virus corona kepada Mahasiswa STAI Natuna, Senin (10/2/2020).

Dandim 0318/Natuna, Letkol CZI Ferry Kriswardana menyampaikan, sosialisasi pengenalan dan pencegahan virus Corona merupakan bentuk edukasi bagi mahasiswa yang nantinya bisa menjelaskan kepada masyarakat umum lainnya.

"Diharapkan mahasiswa Natuna dapat memahami tentang virus corona dan bagaimana cara mencegahnya serta dapat menyampaikan kepada masyarakat," kata Ferry.

Dalam pemaparan mengenai virus corona, Kodim 0318/Natuna menghadirkan narasumber dari staf Kepresidenan dr Brian dan Letda Kes dr Rio Nasution dari RS Integrasi.

Dr Brian dari Deputi Kesehatan Kepresidenan, menyampaikan virus corona hanya bisa menular melalui saluran pernafasan, dapat melalui percikan batuk dan bersin.

"Ketika batuk atau bersin akan mengeluarkan cairan yang dapat menular corona virus, bagi yang telah kena virus, namun hal ini dapat cegah dengan penggunaan masker dan cuci tangan," ucap dr Brian.

Ia juga menjelaskan, Novel Corona Virus adalah virus baru ditemukan pada Desember 2019 di wilayah Wuhan,China. Virus ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS dan hingga saat ini belum ditemukan formula atau vaksinnya.

"Virus ini juga rawan, karena dapat menular dari penderita ke orang banyak sehingga akses penularannya sangat cepat," ucap dr Brian.

Selanjutnya, ciri-ciri terkena novel corona virus terjadi demam tinggi hingga 38 derajat Celcius, flu dan batuk. Kemudian virus akan menyerang paru-paru dan menyebabkan pneumonia (radang paru paru) dan mengakibatkan kematian.

Hal senada disampaikan Letda Kes dr Rio Nasution, menjadi catatan, riwayat perjalanan pasien, di mana seseorang yang baru saja berkunjung dari wilayah Wuhan, China atau Singapore atau pun daerah suspect koronavirus terkena sakit demam, flu dan batuk hal yang atensi terkena penularan corona virus.

"Kalau tidak ada riwayat perjalanan dari tempat suspect korona virus, berarti hanya flu biasa, cukup minum obat flu saja," papar dr Rio di auala STAI Natuna.

Selanjutnya, perwira Penerangan Kogabwilhan I, Kolonel Marinir, Aris Mudian pada kesempatan yang sama juga menyampaikan mengenai proses penempatan WNI yang diobservasi di Natuna, serta menyampaikan keberadaan Kogabwilhan I yang saat ini juga menjadi satgas terpadu penanganan corona.

"Jadi saat ini tanggung jawab Kogabwilhan I tidak hanya pengamanan wilayah namun juga terhadap penanganan observasi para WNI dari Wuhan di Natuna," jelasnya.

Sosialsiasi juga diramaikan presentasi mengenai fungsi otak dalam menghapal oleh Kolonel Laut Filda Malari dan mengajak mahasiswa untuk lebih menempatkan cara pola berpikir cerdas dengan caranya yang sangat sederhana.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua dan Dosen STAI Natuna, serta ratusan maahsiwa STAI Natuna dan para Babinsa Kodim 0318/Natuna.

Editor: Gokli