Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Hari Beroperasi di Natuna, Posko Kesehatan Layani 23 Pasien Batuk dan Flu Biasa
Oleh : Kalit
Sabtu | 08-02-2020 | 17:04 WIB
pasien-batuk.jpg Honda-Batam
Warga Natuna yang menderita batuk saat berobat ke Posko Kesehatan di Pantai Piwang. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Natuna, Rizal Rinaldi menyampaikan Pos Pelayanan Integrasi Noval Corona virus 2019 yang terletak di Jalan Ir Soekarno Hatta, Pantai Piwang sudah beroperasi mulai 7-17 Februari 2020.

Sejak beroperasi, Posko Kesehatan ini sudah melayani warga yang menderita batuk, flu dan lainnya. Total pasien yang sudah terlayani sejauh ini mencapai 23 orang.

"Pasien banyak mengidap sakit flu dan batuk, banyak pasien yang tensinya tinggi," ucap Rizal, Sabtu (8/2/2020).

Ia mengatakan, sampai sekarang tidak ada temuan warga yang terpapr virus corona. Penyakit yang diderita warga hanya batuk dan flu biasa.

Dalam penanganan medis, di Posko Kesehatan itu ada dr Sucahyo dari Kementerian Kesehatan dan dr Endriko dari Provinsi Kepri.

"Jika ada pasien dari luar Kota Ranai, apalagi dari kota asal Wuhan, China menghidap penyakit batuk atau flu, maka secara cepat akan ditangani tenaga medis yang berada di ring satu, di lokasi Hanggar Lanud RSA untuk selanjutnya nanti akan ditentukan pihak medis lanjutan perawatannya," jelas dia.

Lanjutnya, Pemda Natuna mendapat dukungan kesehatan dari Pemerintah Pusat melalui Mentri Kesehatan menghibahkan satu paket lengkap tenda Pos Pelayanan kesehatan dan berbagai jenis obat, di antaranya obat herbal jamu tolak angin dan ribuan masker.

Hingga hari ke-7, masker yang dibagi di wilayah Ranai Kota mencapai 82 ribu, selebihnya masker dibagi di wilayah kecamatan lainya.

"Dari Menkes menghibahkan 110 ribu masker, dari provinsi 41 ribu dari PMI 20 ribu dan PLN Tanjungpinang seribu masker. Semua itu akan dibagi untuk masyarakat Natuna," paparnya.

Sementara itu, Petugas juga membagikan masker kepada masyarakat yang hadir, serta dibantu personil Satpol PP Natuna membagikan masker kepada pengguna jalan raya dan sekitar lingkungan area pos.

Dalam hal ini, Posko Kesehatan melayani masyarakat Natuna hingga pukul 21.00 WIB dan selanjutnya pihak RSUD Natuna akan siap melayani hingga 24 jam.

Editor: Gokli