Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah Sakit Apung dr Lie Dermawan Beroperasi di Lingga Mulai Maret 2020
Oleh : Wandy
Rabu | 05-02-2020 | 09:52 WIB
RS-Apung-Lingga1.jpg Honda-Batam
Kunjungan yayasan dr. Lie Dermawan ke Kabupaten Lingga. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Rumah Sakit Apung akan beroperasi di Kabupaten Lingga. Pasalnya perwakilan yayasan dr Lie Dermawan sudah melakukan kunjungan ke Bumi Bunda Tanah Melayu, Senin (4/2/2020).

Kunjungan dari yayasan dr Lie Dermawan tersebut disambut baik oleh Wakil Bupati Lingga M. Nizar sebab adanya pelayanan kesehatan rumah sakit apung di Kabupaten Lingga.

Nizar menuturkan bahwa, pihak yayasan sudah melakukan peninjauan lokasi serta pengurusan izin yang berkaitan dengan administrasi. Dan dijadwalkan pada Maret 2020 mendatang RS Apung tersebut sudah dapat melayani.

"Pihak yayasan sudah melakukan peninjauan dan pengurus izin. Pada Maret mendatang sudah berjalan," kata Nizar.

Nizar menjelaskan bahwa untuk RS Apung ini menyediakan layanan yang sudah sampai tindakan kesehatan seperti operasi hernia, usus buntu, persalinan Cesar. Dan standar kapal sudah standar kamar operasi baik dari segi fasilitas maupun sterilisasi.

"Selain tindakan medis juga ada program tindakan edukasi kesehatan untuk masyarakat," jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, tim yayasan dr Lie Dermawan berharap dukungan Pemda terkait listrik dan air untuk operasional pelayanan rumah sakit apung.

Nizar meminta agar pengoperasian rumah sakit apung ini dilakukan di wilayah Kecamatan Senayang yang geografisnya terdapat pulau-pulau.

"Semoga dengan adanya rumah sakit apung ini, dapat mempermudah akses kesehatan bagi masyarakat khususnya yang berada di pulau-pulau umumnya masyarakat Kabupaten Lingga," kata Nizar.

Untuk diketahui, rumah sakit ini nantinya menyediakan dokter bedah, kandungan, anestesi dan dokter gigi.

Editor: Yudha