Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah Tahun 2020

Wan Siswandi Minta OPD Natuna Berinovasi untuk Efisiensi dan Efektifitas Kerja
Oleh : Kalit
Kamis | 30-01-2020 | 19:16 WIB
inovasi-1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Sekda Natuna, Wan Siswandi saat membuka Rakor Penguatan Inovasi Daerah Tahun 2020. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi membuka Rapat Koordinasi Penguatan Inovasi Daerah, bertempat di Aula Kantor Bupati Natuna, Jalan Batu Sisir Bukit Arai, Ranai, Selasa (28/01/2020) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri dan Rombongan, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat serta Lurah se-Kabupaten Natuna.

Dalam sambutan pembukanya, Wan Siswandi menyampaikan, sejauh ini Pemerintah Daerah terus berupaya untuk melakukan beberapa inovasi, dengan tujuan untuk efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas, seperti sinergi aplikasi yang diterapkan Badan Perencanaan Pembangunan dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Sinergi aplikasi yang dilakukan diatas telah membuahkan hasil yang cukup membanggakan, di antaranya terkait penghargaan peningkatan Predikat pada penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dalam lingkup wilayah Sumatera, Kabupaten Natuna berhasil meraih predikat BB (Baik) yang sebelumnya pada predikat CC (Cukup).

Wan Siswandi berharap, predikat tersebut dapat terus ditingkatkan, melalui berbagai inovasi baik pada bidang pengelolaan keuangan daerah, maupun pada bidang lainnya, sebagai indikator produktifitas instansi pemerintahan di Kabupaten Natuna.

Dengan gambaran keberhasilan penerapan aplikasi pada bidang pengelolaan keuangan daerah, Wan Siswandi juga berencana untuk membangun aplikasi pada pelaksanaan tugas lainnya, seperti yang sudah diterapkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Rumah Sakit Umum Daerah Natuna.

Wan Siswandi juga berpesan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang hadir, agar segera merubah system pelaksanaan tugas OPD baik teknis maupun administrasi untuk segera merancang inovasi, membangun aplikasi, sebagai bentuk optimalisasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).

Selain itu Wan Siswandi juga mengatakan bahwa koordinasi antar OPD merupakan hal penting dalam mewujudkan kebersamaan, kekompakan serta upaya peningkatan produktifitas, oleh karenanya, diharapkan antara satu OPD dengan OPD yang lain harus tetap terhubung, menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dalam mewujudkan pemerintahan yang berwibawa, pembangunan yang lebih merata dan pelayanan prima bagi masyarakat. (*)