Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Dirikan 8 Posko Siaga Corona di Bandara dan Pelabuhan Internasional
Oleh : Hendra
Senin | 27-01-2020 | 18:52 WIB
siaga-corona.jpg Honda-Batam
Kabid Dokkes Polda Kepri, Kombes dr Haris Muhammad (tengah) ditemani Kapolsek KKP Sekupang, AKP Badawi saat melihat thermal scanner di Pelabuhan Internasional Sekupang, Senin (27/1/2020). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabid Dokkes Polda Kepri, Kombes dr Haris Muhammad mengatakan pihaknya telah berkoordinasi untuk mendirikan Posko Siaga Terpadu di beberapa titik kedatangan internasional Kepulauan Riau (Kepri).

Hal ini untuk mengatasi penyebaran virus corona atau yang juga dikenal dengan nama 2019-nCoV. "Untuk sementara kordinasi dengan stakeholders membentuk Posko Siaga Corona. Semuanya siap, dari Polda kita juga berkoordinasi membentuk posko terbaru demi mengatasi penyebaran virus corona ini. Kita siapkan posko di senua titik kedatangan international baik Bandara maupun pelabuhan se-Kepri," ujarnya, Senin (27/1/2020) di Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam.

Lanjutnya, posko terpadu yang akan dibentuk ini ada di delapan titik seperti Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun dan di Kota Batam ada 6 pelabuhan termasuk juga Airport.

"Kalau di Kepri ini ada 8 titik yang akan dibentuk seperti 1 di Tanjungpinang, 1 di Tanjung Balai Karimun dan 5 pelabuhan internasional di Batam serta Airport," katanya.

Hal lainnya, dalam penanganan kasus ini Polda juga telah berkoordinasi dengan KKP, Dokkes Polda Kepri, RSBP dan seluruh rumah sakit yang ada di Batam. "Kita akan koordinasi dengan KKP, Dokkes Polda Kepri, RSBP dan rumah sakit yang ada di Kepri ini," tambahnya.

Untuk penangan awal atau antisipasi dini virus Corona ini, beberapa alat telah stand by di pelabuhan seperti thermal scanner untuk mengawasi suhu panas apabila ditemukan wisatawan di pelabuhan dengan kondisu suhu tubuh yang berbeda. "Thermal scanner juga telah disiagakan untuk mengawasi suhu tubuh para wisatawan yang masuk ke Batam," tutupnya.

Editor: Gokli