PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lakukan Rekayasa Paska Penguatan Jaringan Pipa Air

ATB Targetkan Sore Ini Aliran Air Bersih di Bengkong Kembali Normal
Oleh : Nando Sirait
Jumat | 24-01-2020 | 15:04 WIB
rekayasa-pipa-atb_jpg2.jpg honda-batam
Rekayasa penguatan jaringan distribusi air bersih oleh PT ATB. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Paska pengerjaan penguatan jaringan pipa distribusi air di wilayah kawasan Bengkong Laut, dan di sejumlah wilayah di area Bengkong, PT Adhya Tirta Batam (ATB), meminta masyarakat yang tinggal di kawasan terdampak pengerjaan untuk bersabar.

Humas PT ATB Batam, Wijanarko Iksa membenarkan, beberapa kawasan Bengkong aliran air bersih mengalir tidak seperti biasanya, bahkan di beberapa titik diketahui aliran air ke rumah warga juga tidak mengalir sama sekali.

"Iya memang benar, kami sudah melakukan pendataan di beberapa titik terdampak. Ada yang mengalir namun sangat kecil, bahkan ada yang tidak mengalir sama sekali," ujarnya saat dihubungi, Jumat (24/01/2020).

Menurutnya, hal ini dikarenakan beberapa hal, salah satunya fungsi dari tangki air di kawasan Bukit Senyum yang belum dapat berfungis normal. Hingga adanya ketakutan dari masyarakat yang berada di kawasan hulu, atau warga yang tinggal di dekat kawasan tangki air.

Menuruntya, saat ini masyarakat yang tinggal di kawasan hulu kerap melakukan penampungan air secara berlebihan. Sehingga hal ini menjadi salah satu penyebab air tidak terdistribusi dengan baik, hingga ke kawasan hilir bahkan bagi warga yang tinggal di kawasan perbukitan.

"Dari laporan tim operasional, untuk tangki di Bukit Senyum fungsinya masih low. Kendala lain, warga yang tinggal tepat di kawasan Bukit Senyum melakukan penampungan secara berlebihan. Kemungkinan takut tidak bisa dapat air lagi, sehingga yang tinggal di ujung pipa atau di kawasan perbukitan tidak mendapat air," lanjutnya.

Iksa melanjutkan saat ini, tim operasional lapangan tengah melakukan rekayasa pengaliran air bersih untuk Kecamatan Bengkong secara keseluruhan. Pihaknya menargetkan, sore nanti aliran air bersih ke rumah warga sudah dapat kembali normal.

Walau begitu, ia juga meminta agar warga yang masih belum mendapatkan air bersih hingga sore maupun malam nantu dapat menghubungi call center ATB di 467-111, dan melaporkan kondisi terkini untuk segera ditangani oleh tim lapangan.

"Atau bisa juga order air tangki ke kami memlalui call center tersebut, kami ada 6 mobil tangki yang kami standbykan untuk masyarakat," tutupnya.

Editor: Dardani