Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Virus Corona, Pelabuhan di Bintan dan Tanjungpinang Pasang Alat Thermal Scanner
Oleh : CR-2
Rabu | 22-01-2020 | 13:40 WIB
alat.jpg Honda-Batam
Alat Thermal Scanner dipasang di pelabuhan. (CR-2)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Mengantisipasi bahaya penyebaran virus Corona, beberapa pelabuhan di Bintan mulai memasang alat Thermal Scanner untuk pencegahan dan mendeteksi orang yang memiliki suhu panas sampai 38.5 derajat celcius.

Virus Corona, merupakan penyakit yang dianggap misterius mirip pneumonia di duga berasal dari China.

Kepala UPP Syahbandar Tanjunguban, Bintan, Fachrin Riza, saat dihubungi BATAMTODAY.COM, mengatakan pemasangan alat Thermal Scanner sudah dilakukan sebagai pendeteksi suhu badan.

"Alat Thermal Scanner untuk beberapa pelabuhan seperti di BBT Lagoi dan pelabuhan BIIE Lobam sudah dipasang. Keberadaan alat ini nantinya bisa mendeteksi pengunjung yang memiliki suhu panas diatas 38.5 derajat celsius. Sehingga, nanti yang bersangkutan langsung ditangani pihak medis yang ada di pelabuhan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya," terang Fachrin, Rabu (22/01/20).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, Gama AF Isnaeni, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan kemungkinan tindakan jika terdeteksi ada penderita virus Corona.

"Dinas Kesehatan sudah siap melakukan tindakan terhadap pengunjung yang datang ke Bintan jika terdeteksi oleh lt thernl. Jika panas badan itu hanya berupa demam biasa kita akan tangani langsung di rumah sakit terdekat, namun jika terdeteksi karena virus Corona, kita langsung rujuk ke rumah sakit provinsi. Untuk kami minta warga waspada dengan virus corona, dan melaporkan jika ada kejadian tersebut di daerahnya agar dilakukan tindakan secepatnya," Jelas Gama.

Untuk Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Samsul Nizar, Kasi LALA Syahbandar TPI mengatakan, di tempat tersebut sudah dipasang Alat Thernal Scanner.

"Untuk pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang kita sudah pasangkan alat pendeteksi suhu panas badan Thernal Scanner tersebut dan untuk tim kesehatan juga sudah stanby," tutup Samsul.

Editor: Chandra