Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ujung JPO Mukakuning Persis di Tengah Jalan, Atapnya Rusak Parah
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 22-01-2020 | 13:16 WIB
JPO.jpg Honda-Batam
JPO di kawasan Batamindo, Mukakuning dengan atapnya yang rusak parah. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proyek pelebaran jalan di kawasan industri Batamindo, Mukakuning, membuat letak jembatan penyeberangan orang (JPO) kini menjadi berbeda. Pasalnya, salah satu ujung JPO kini berada persis di tengah jalan.

Ujung JPO yang persis di tengha jalan saat melaju dari Tembesi menuju kawasan industri ini, letaknya kini menjadi membingungkan. Tempat pejalan kaki melintas dan akan turun ini, kini persis di tengah jalan, karena proyek pelebaran jalan tahun 2019 lalu yang tidak mempertimbangkan estetikanya.

"Lihat ajalah bang, kalau kita mau menyeberang jalan dari kawasan Plaza Batamindon menuju seberang jalan kaki ke Panbil, nanti turun dari JPO kita di tengah jalan lagi," ujar Darmawati, salah seorang pekerja industri di Batamindo Industriak Park, Rabu (22/1/2020).

Tak hanya letak ujung JPO yang menjadi sorotan pejalan kaki, kondisi JPO yang tidak terawat ini juga jadi perhatian. Jika kita berada di lokasi, bisa kita lihat dengan jelas atap JPO banyak yang berlubang dan bahkan sebagian sudah tidak ada atapnya lagi.

Sementara, pengguna jalan mengatakan, JPO ini sangat penting fungsinya karena banyak pekerja yang sehari-hari menggunakannya untuk melintas, baik dari kawasan industri ABB Panbil menuju Batamindo maupun sebaliknya.

"Kondisi atapnya juga rusak parah, pemerintah ini kayaknya hanya bisa membuat dan minim merawat. Anggarannya pasti ini lumayan. Apalagi ujungnya ini kok kita turun lagi di tengah jalan," jelas Mona, salah seorang pekerja lainnya.

"Biasanya perihal ujung JPO di tengah ini nunggu korban dulu baru pemerintah mau benahin," tambahnya.

Hampir dari semua pengguna JPO yang diwawancara BATAMTODAY.COM, mengatakan, JPO ini harus ada perawatan kembali. Atapnya yang rusak, kondisinya yang kotor dan berlumut, serta ujung JPO yang persis di tengah jalan menjadi perhatian mereka. Harapannya hanya satu, pemerintah diharapkan benar-benar memerhatikan kepentingan publik, terutama keamanan dan kenyamanan.

Editor: Chandra