PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Identitas Perompak Kapal MT Horizon Maru
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Selasa | 21-01-2020 | 15:04 WIB
perompakan-kapal-kabil2.jpg honda-batam
Inilah salah satu perompak kapal MT Horizon Maru yang tertangkap. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal MT Horizon Maru menjadi korban perompakan di wilayah perairan Kabil, Kecamatan Nongsa, Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

Diketahui, MT Horizon dirompak oleh empat orang pelaku. Dari keempat pelaku, satu di antanya berhasil diamankan kru kapal, sementara 3 lainnya berhasil melarikan diri.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, membenarkan kejadian perompakan yang menimpa MT Horizon Maru. "Ya, saya masih kumpulkan data," kata Harry ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (21/01/2020).

Dari informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, satu orang pelaku yang berhasil diamankan kru kapal bernama Ilwan Lubis (30), tinggal di wilayah Batuaji.

Dari Ilwan, kru kapal juga mendapatkan nama tiga perompak lainnya yang berhasil kabur. Keiganya adalah Makmur, Rian, Sigit. Makmur dan Rian tinggal di Batuaji, sementara Sigit di wilayah Bengkong.

Aksi perompakan pukul 05.00 WIB pagi ini pertama sekali diketahui nahkoda kapal, LT, yang sedang berjalan di buritan kapal. Awalnya ia memergoki dua orang standbay di atas speed boat.

Kemudian nakhoda berteriak memanggil kru kapal yang lain, lalu dilakukan patroli di setiap ruangan kapal dan ditemukan dua orang perompak keluar dari ruan mesin dengan membawa karung yang berisi alat-alat mesin.

Ketika akan diamankan, kedua pencuri tersebut melakukan perlawanan dan mencoba melukai kru kapal dengan senjata tajam berupa pisau. Alhasil, dua orang dari kru kapal mendapatkan luka di bagian wajah, tangan dan kaki.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat para kru kapal untuk mengamankan kedua pelaku. Sayangnya, kru kapal hanya berhasil menangkap Ilwan dan tiga perompak lainnya langsung kabur menggunakan speed boat.

Editor: Dardani