PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penuhi Layanan Kesehatan, Puskesmas Mentarau Diresmikan Awal Februari 2020
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 18-01-2020 | 11:52 WIB
kadinkes-batam2.jpg honda-batam
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puskesmas Mentarau akan diresmikan pada awal Februari 2020 mendatang. Puskesmas yang dibangun tahun 2019 ini akan menambah fasilitas kesehatan Pemerintah Kota Batam khususnya untuk masyarakat wilayah Sekupang.

"Tunggu Perwako (peraturan wali kota) dulu untuk pembentukan UPT-nya (unit pelaksana teknis). Perkiraan awal Februari diresmikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (17/1/2020).

Terkait personel, menurut Didi, akan ditarik dari puskesmas lain. Setidaknya dibutuhkan 10-15 personel untuk pelayanan di awal operasional. Jumlah ini sudah termasuk tenaga medis dan administrasi.

"Kebutuhan di awal ini belasan, sekitar 10-15 personel cukup, sudah termasuk semua," ujarnya.

Didi mengatakan jika melihat jumlah penduduk Batam, dibutuhkan setidaknya 44 puskesmas. Namun sampai saat ini baru terbangun 21 puskesmas.

"Setelah Puskesmas Mentarau ini beroperasi, berarti kita masih butuh 23 puskesmas lagi, untuk jumlah penduduk 1,3 juta seperti sekarang," tuturnya.

Karena itu, Dinas Kesehatan setiap tahunnya mengajukan anggaran untuk pembangunan Puskesmas baru. Serta menganggarkan untuk renovasi puskesmas lama agar bisa meningkatkan kapasitas pelayanan ke masyarakat sekitar.

Editor: Yudha