Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perusahaan Parkir Otomatis Amerika Jajaki Kerjasama dengan BP Batam
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 08-01-2020 | 08:40 WIB
parkir-amerika1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kunjungan Citylift, perusahaan parkir Amerika ke BP Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Citylift, perusahaan yang merancang, memasang dan melayani sistem parkir otomatis dari Oakland, California menjajaki peluang kerjasama dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Adapun pada tahap awal, pihak perusahaan melakukan kunjungan yang diwakilkan langsung oleh Co - founder Citylift, Michael Ghielmetti dan Chief Technology and Supply Chain CityLift, Brandon Richardson. Kunjungan itu disambut Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar, di gedung Marketing BP Batam, Selasa (7/1/2020) sore.

Dendi menjelaskan, kedatangan perusahaan yang mengusung tehnologi tinggi ini, merupakan tindak lanjut perusahaan yang memiliki wacana ekspansi usaha di kawasan Asia. Pihaknya mengaku menyambut positif rencana ekspansi Citylift bagi Kota Batam.

"Kami sangat senang, karena Batam terpilih menjadi salah satu dari tiga pilihan utama untuk relokasi Citylift di Asia. Tentunya BP Batam berkomitmen untuk mengawal investasi ini hingga selesai," ujar Dendi.

Dendi berharap, investasi Citylift akan membawa dampak positf yang signifikan dalam perkembangan ekonomi setelah melihat presentasi dari perusahaan tersebut.

"Dalam 5 tahun, pertumbuhan perusahaan mereka sebesar 6.000 persen. Hal ini kami harapkan dapat menjadi nilai tambah bagi perekonomian di Indonesia, khususnya Batam," lanjutnya.

Sementara itu, pemilihan Batam sebagai salah satu Kota di Indonesia. Diakui tidak lepas dari peranan pihak Singapura, yang memberikan rekomendasi terhadap pihak perusahaan. Hal ini diakui langsung oleh Co - founder Citylift, Michael Ghielmetti. Saat memberikan presentasi, mengenai salah satu alasan perluasan usaha untuk kawasan Asia.

Michael mengakui, setelah melakukan investasi di Tiongkok untuk proses manufaktur. Awalnya Indonesia tidak masuk dalam daftar wilayah ekspansi Citylift. Namun, salah satu rekan bisnis perusahaan di Singapura mengakui bahwa Batam sangat cocok dengan produk maupun layanan, yang dimiliki oleh perusahaan.

"Rekan kami di Singapura sangat merekomendasikan Batam karena dinilai cocok untuk produk kami. Setelah mencari informasi dan bertemu langsung dengan BP Batam, kami sangat senang dan puas atas informasi dan asistensi yang diberikan kepada kami," ujar Michael.

Ia mengungkapkan, setelah melihat paparan presentasi tentang Batam dan berdiskusi tentang investasi secara menyeluruh dengan System Online Single Submission (OSS) Michael dan rekannya Brandon semakin yakin untuk berinvestasi di Batam.

"Selain adanya tenaga kerja terampil, Batam juga memberikan insentif dan keuntungan bagi perusahaan yang berorientasi ekspor seperti perusahaan kami. Beberapa insentif itu antara lain tidak dikenakannya pajak pertambahan nilai, pajak ekspor impor, serta pajak penjualan atas barang mewah. Batam benar-benar memanjakan investor," tutupnya.

Editor: Yudha