Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PSSI Perkenalkan Pelatih Timnas Baru, Shin Tae Yong dari Korsel
Oleh : Redaksi
Minggu | 29-12-2019 | 08:32 WIB
shin_tae_yong_bola.jpg Honda-Batam
Ketua Umum PSSI dan pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (Foto: Bola.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PSSI resmi memperkenalkan Shin Tae-Yong, mantan Pelatih Timnas Korea Selatan (Korsel) sebagai pelatih Timnas Indonesia dengan masa kerja empat tahun. Saat ditangani Shin Tae Yong, Korea Selatan berhasil mengkadaskan Jerman di penyisihan Piala Dunia di Rusia 2018 lalu.

"Finalisasi kontrak telah selesai dilaksanakan. Shin Tae-Yong akan menjalankan proyek jangka panjang selama empat tahun," kata Mochamad Iriawan pada perkenalan resmi Shin Tae-Yong sebagai pelatih timnas di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Shin dan Iriawan menandatangani kontrak pada acara yang dihadiri juga wakil Ketua Umum Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal Ratu Tisha.

Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule itu menuturkan bahwa target terdekat Shin adalah menyelesaikan perjalanan timnas pada kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan sebaik mungkin.

Pada Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia berada pada posisi juru kunci setelah lima kali kalah dari lima pertandingan.

Iriawan mengatakan selain mengarsiteki timnas senior, Shin juga akan menjadi konsultan untuk timnas U-22 dan U-19.

Shin sendiri mengakui bahwa menangani Indonesia menjadi tantangan tersendiri apalagi Indonesia saat ini menghuni posisi 173 pada daftar peringkat FIFA.

"Kelemahan pemain-pemain Indonesia adalah stamina. Untuk itu saya akan mendatangkan pelatih fisik dari Korea," janji Shin.

Shin menggantikan Simon McMenemy yang gagal memenuhi target kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia mengaku bersedia melatih Indonesia, karena melihat harapan akan masa depan timnas. Tae Yong juga menyatakan sudah menonton sejumlah pertandingan timnas senior dan U-22.

Iriawan menyatakan, pemerintah juga mendukung atas dipilihnya Shin Tae Yong sebagai pelatih baru timnas. Dukungan itu agar Indonesia punya prestasi baik saat piala dunia U-20 tahun 2021, yang berlangsung di tanah air.

"Dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari departemen teknik PSSI dan sejumlah pelatih, Shin Tae yong akhirnya ditunjuk sebagai manajer dan pelatih baru timnas senior," kata Ketua Umum PSSI ini.

Nama pelatih asal Korea Selatan ini memang dalam beberapa bulan terakhir, santer disebut akan menggantikan Simon MC Menemy.

Shin Tae Yong berpengalaman melatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Meski korsel tidak lolos dari penyisihan grup, saat itu mereka bisa mengalahkan juara bertahan jerman 2-0.

Selain itu ia juga pernah melatih korsel U-23 dan U-20. Serta melatih di klub Seongnam FC. Harapan besar kepada Shin Tae Yong disampaikan sejumlah pelatih klub tanah air.

Sentuhan Shin Tae Yong diharapkan mengubah pola permainan timnas, dan tentunya harapan akan hadirnya prestasi. Awal tahun depan, Shin Tae Yong akan mulai melatih Timnas Senior Indonesia.

Laga terdekatnya adalah kala Tim Garuda melakoni kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand, bulan Maret nanti. #ShinTaeYong #PelatihTimnas #TimnasIndonesia.

Editor: Surya