Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembangkan Potensi Pertanian, Pemkab Lingga Buka Pelatihan Pembuatan Sirup Sagu
Oleh : Wandy
Kamis | 19-12-2019 | 09:20 WIB
pelatihan-sagu1.jpg Honda-Batam
Pelatihan dan pendampingan teknologi pembuatan sirup sagu di Aula Hotel Lingga Pesona, Rabu (18/12/2019). (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Dalam rangka mengembangkan potensi daerah di bidang pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga membuka pelatihan dan pendampingan teknologi pembuatan sirup sagu di Aula Hotel Lingga Pesona, Rabu (18/12/2019).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lingga Siswadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambahkan wawasan petani dalam hal pengolahan produk sagu. Serta diharapkan nantinya dapat meningkatkan keahlian petani sehingga dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga petani sagu.

"Semoga dengan kegiatan ini, masing-masing desa nantinya mampu mengimplementasikan langsung di daerahnya masing-masing untuk dijadikan hasil unggulan daerah kita," kata Siswadi

Siswadi menyampaikan, untuk di Desa Bukit Belah memiliki produk unggulan makanan yang terbuat dari pisang. Baik itu kripik pisang, cake pisang maupun yang berhubungan dengan makanan yang terbuat dari pisang.

"Jadi kita berharap jika suatu saat nanti saya berkunjung ke desa ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini, dapat menyuguhkan sirup yang terbuat dari bahan sagu ini sesuai dengan ilmu yang kita dapatkan di pelatihan ini," harap Siswadi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Jalal menuturkan tanaman sagu dan bahan olahan sagu memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan komoditas pertanian penghasil pangan lainnya.

"Dari sisi tanamannya sendiri, daya adaptasinya terhadap lingkungan tumbuh sangat luas. Dimana tanaman sagu ini mampu tumbuh baik pada tanah berawa, dimana tanaman lain tidak dapat berkembang secara normal," ucap Jalal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh tiga Kecamatan di Kabupaten Lingga yakni Kecamatan Lingga, Lingga Timur dan Lingga Utara dengan diwakili beberapa orang dari setiap desa di Kecamatan tersebut.

Hadir juga pada kegiatan ini, Ketua PKK Kabupaten Lingga Heryulita Alias Wello, Kepala OPD, Camat beserta Kepala Desa se Kecamatan Lingga, Lingga Timur dan Lingga Utara, dan para peserta pelatihan.

Editor: Yudha