Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Efek Negatif Bangun Tidur Kesiangan Bagi Tubuh
Oleh : Redaksi
Senin | 16-12-2019 | 11:53 WIB
ilustrasi-tidur-buruk1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meski tergantung pada situasinya, bangun satu jam lebih lambat dari biasanya mungkin akan membuat Anda sedikit stres. Jika Anda ketiduran dan sekarang terlambat untuk bekerja, Anda mungkin akan mengalami adrenalin yang disebabkan oleh stres ketika Anda melepaskan selimut dan bersiap-siap.

Tetapi sejauh jadwal tidur Anda berjalan, tidur di jam tambahan itu dapat memiliki dampak yang lebih besar pada otak Anda, serta kesehatan Anda secara keseluruhan.

"Penelitian menunjukkan bahwa waktu tidur mungkin sama pentingnya dengan berapa jam kita tidur," Rose MacDowell, seorang ahli tidur dan kepala peneliti di Sleepopolis, mengatakan kepada Bustle. Jadi, sementara Anda mungkin dengan cepat melupakan kepanikan yang terjadi ketika alarm Anda tidak berbunyi tepat waktu, jam tidur tambahan itu dapat menciptakan efek riak, terutama jika Anda terus melakukannya.

"Tidur larut malam dapat menurunkan dorongan tidur dan membuat tertidur di malam berikutnya menjadi lebih sulit," kata MacDowell. Ketika tiba saatnya untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk tidur, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki energi lebih dari biasanya, dan akibatnya Anda akan tetap terjaga di kemudian hari. Ini dapat terjadi pada malam berikutnya dan berikutnya, dan mungkin sulit untuk mengatur ulang otak Anda dan kembali ke jalurnya.

Selain itu, bangun telat satu jam juga dapat menurunkan efisiensi tidur, yang dapat menyebabkan efek yang mirip dengan kurang tidur. MacDowell menjelaskan ffisiensi tidur adalah persentase waktu yang dihabiskan untuk tidur di tempat tidur. Tidur dianggap efisien ketika setidaknya 85 persen waktu di tempat tidur dihabiskan untuk tidur, dan tidak efisien ketika kurang dari 85 persen dihabiskan untuk tidur.

Tidur larut dapat mengurangi efisiensi tidur karena waktu di tempat tidur meningkat dan ritme sirkadian terganggu. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa jadwal tidur dan bangun yang konsisten penting untuk menjaga ritme sirkadian tetap teratur.

Alasan mengapa Anda bangun satu jam kemudian juga dapat memengaruhi perasaan Anda secara mental. "Jika tidur Anda terganggu beberapa kali di malam hari, misalnya, otak Anda mungkin tidak setajam biasanya dengan penurunan kemampuan kognitif dan rentang perhatian," Dr. Steven Reisman, yang bersertifikat di kedokteran penyakit dalam, kata Bustle.

"Ini dapat memengaruhi memori," itulah sebabnya Anda mungkin merasa pusing dan kesal, atau mungkin membuat kesalahan konyol di sekolah atau di tempat kerja pada hari berikutnya.

Walaupun bangun terlambat kadang-kadang mungkin tidak akan berdampak besar pada otak Anda, gangguan tidur yang terus-menerus dapat menyebabkan masalah seiring waktu.

"Mungkin ada penumpukan protein amiloid di otak yang telah dikaitkan dengan penyakit Alzheimer," kata Reisman. Jadi walaupun mungkin tergoda untuk tidur dan bangun pada waktu yang berbeda setiap malam, yang terbaik adalah tetap pada jadwal sesering mungkin.

"Dianjurkan untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari karena jika seseorang masuk ke rutinitas rutin dengan jumlah tidur yang memuaskan, Anda kemungkinan akan merasa lebih berenergi di siang hari," kata Reisman.

"Ritme sirkadian tubuh atau jam internal membantu menentukan kapan Anda lelah dan terjaga dan itu dipandu oleh variabel-variabel seperti paparan cahaya dan waktu makan. Setelah Anda memiliki 'ritme' reguler, ini akan membantu tidur lebih nyenyak dan memulihkan."

Untuk menghindari efek samping negatif ini, "tidur dan bangun pada saat yang sama, bahkan pada akhir pekan," kata MacDowell. "Kurangi paparan cahaya pada malam hari, terutama cahaya biru dari TV dan elektronik. Cobalah tidur lebih awal, dan tahan keinginan untuk tidur atau ubah jadwal tidurmu." Dengan bangun di waktu yang sama setiap hari, Anda akan membantu pertahankan fungsi otak dan juga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha