PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lingga MoU dengan Perusahaan Asal Banyuwangi Terkait Rencana Investasi Sagu
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 09-12-2019 | 16:52 WIB
mou-sagu.jpg honda-batam
Pemkab Lingga dengan PT Harmoni Indah Gemilang teken MoU tentang investasi sagu. (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Pemerintah Kabupaten Lingga membuat jalinan kerja sama dengan perusahan asal Banyuwangi, PT Harmoni Indah Gemilang terkait rencana investasi sagu.

Kerja sama dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan pada Minggu (8/12/2019) malam tadi di Gedung Daerah, Kantor Bupati Lingga.

Pemkab Lingga memberi peluang bisnis kepada perusahan tersebut untuk mengelola hasil sagu yang ada di setiap wilayah Lingga.

Bupati Lingga, Alias Wello mengatakan, kerja sama sengaja dilakukan mengingat produk sagu kemungkinan besar akan dipasarkan keluar negeri. Sagu juga merupakan salah satu produk unggulan pertanian yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Lingga.

"Kalau produk kita ini nanti dipasarkan sampai ke luar negeri, maka kebersihan lingkungan perlu menjadi perhatian bersama. Bahkan ada para pembeli yang rela datang langsung mengecek hingga ke hilirisasi pengolahan untuk memastikan bahwa produk yang mereka terima benar-benar bersih dan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan," katanya usai melakukan penandatangan MoU.

Ia juga merasa optimis terhadap kerja sama antara kedua belah pihak yang akan terjalin dengan baik ke depannya.

Ia menyebutkan, Pemkab Lingga selalu terbuka akan investasi yang masuk. Namun demikian setiap investasi yang akan masuk, harus memenuhi tiga syarat utama yakni berpihak kepada masyarakat, mengedepankan kelestarian lingkungan serta bisa bekerjasama dengan lembaga atau badan usaha daerah yang telah ditunjuk.

"Kita berharap nantinya kerja sama ini bisa membawa dampak positif bagi penelitian dan pengembangan pertanian di Kabupaten Lingga, terutama bagi para mahasiswa Politeknik, kita juga harapkan kontribusinya untuk pengelolaan sagu ini, sehingga bisa bermanfaat bagi petani dan masyarakat kita," ujar Awe.

Sementara itu, pihak PT Harmoni Indah Gemilang menyatakan kesiapannya untuk membantu Pemkab Lingga sesuai kemampuan dan pengalamannya. Mereka berharap kerja sama bisa berjalan baik bagi kedua belah pihak untuk investasi yang berkelanjutan.

"Saya sebagai connecting people percaya bahwa jika kita saling support, pasti kerjasama ini akan membawa hasil yang baik," ujar mediator PT Harmoni Indah Gemilang yang akrab disapa Bapak Ping.

Editor: Gokli