PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringati Hari Ibu, Iriana dan Wury Ikuti Jalan Sehat Keluarga 2019
Oleh : Redaksi
Minggu | 08-12-2019 | 12:04 WIB
jaln_sehat11.jpg honda-batam
Jalan Sehat Kleuarga 2019 digelar di 34 provinsi

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Wury Ma'ruf Amin dan para istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), mengikuti jalan sehat keluarga yang digelar di Plaza Timur GBK, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019). Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan ke-91 Hari Ibu tahun 2019.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam laporannya mengatakan, Hari Ibu diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Ia berharap momentum ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemajuan kaum perempuan Indonesia.

"Melalui momentum Hari Ibu kita harapkan terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan kemajuan perempuan Indonesia sebagai sumber daya potensial pembangunan," kata Menteri PPPA.

Peringatan ke-91 Hari Ibu tahun ini mengangkat tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju". Menteri PPPA berharap, tema ini dapat menginspirasi para pemangku kepentingan, baik di pusat maupun daerah, untuk terus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup perempuan Indonesia.

Menurut Menteri PPPA, kegiatan jalan sehat keluarga ini juga diselenggarakan serentak di seluruh provinsi di Tanah Air. Sebanyak 26 provinsi menggelar jalan sehat keluarga hari ini, sementara 8 provinsi lainnya menggelar kegiatan serupa kemarin.

"Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka PHI ke 91 tahun 2019 ini diselenggarakan berbagai kegiatan sebagai satu rangkaian acara. Keseluruhan rangkaian tersebut akan ditutup dengan puncak acara pada tanggal 22 Desember," imbuhnya.

Pada kegiatan ini, Ibu Iriana dan para ibu OASE-KIM tampak kompak mengenakan kaus putih lengan panjang, celana hitam, dan aksesori kepala khas Papua. Acara diawali dengan tari massal Sajojo yang turut diikuti oleh Ibu Iriana dan para ibu OASE-KIM.

Sekitar pukul 06.18 WIB, Ibu Iriana dan Ibu Wuri melepas para peserta jalan sehat dengan mengangkat bendera di garis start. Ibu Iriana, Ibu Wuri, dan para ibu OASE-KIM turut ambil bagian pada jalan sehat yang diikuti sekitar 20 ribu peserta umum dan 100 peserta kelompok disabilitas tersebut.

Tampak hadir dalam acara ini antara lain, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md., Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Jaksa Agung ST. Burhanudin.

Digelar di 34 provinsi
Jalan Sehat Keluarga se-Indonesia memperingati Hari Ibu yang ke 91 Tahun 2019 digelar di 34 provinsi akhir pekan ini. Di 24 Provinsi, kegiatan tersebut digelar pada Minggu (8/12/2019) mulai pukul 06.00 WIB. Sedangkan pada 10 provinsi digelar pada Sabtu (7/12/2019) pagi.

Kegiatan yang diikuti ratusan ribu peserta di seluruh Indonesia ini juga melibatkan BKKBN, Dharma Wanita, Bhayangkari, serta instansi serta lembaga terkait lainya. Termasuk didukung oleh sponsor Bank BRI dan Mayora. Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK ) Kemenpora juga ikut mendukung untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

"Walaupun dalam persiapan yang sangat singkat namun dengan kerja keras dan kerja sama semua stakholder kami yakin bahwa acara ini akan sukses. Ini salah satu bukti bahwa dengan kerja keras dan kerja sama yang baik akan membuahkan hasil yang maksimal," kata Kasubdiv Pengelolaan Dana Keolahragaan LPDUK, Rinto Ari Rakhmanto

Rinto berharap, skema kerja sama yang baik ini bisa menjadi role model untuk kerja sama pada acara atau kegiatan olahraga yang akan datang.

"Dan yang tidak kalah penting adalah dukungan sponsor dari kalangan usaha, baik BUMN, swasta nasional maupun asing," katanya.

Untuk kegiatan Jalan Sehat Keluarga 2019 di Jakarta, akan digelar di Plaza Parkir Timur GBK Senayan mulai pukul 06.00. Menurut rencana, kegiatan akan dihadiri dan diikuti oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Sekitar 20 ribu peserta dari berbagai komunitas kewanitaan dan kepemudaaan serta masyarakat umum diperkirakan akan mengikuti kegiatan ini. Selain jalan sehat, kegiatan ini juga akan dimeriahkan degan tarian atau senam Sajojo, goyang maumere, poco-poco dan berbagai hiburan lain serta doorprize.

Editor: Surya