Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Abdul Hamid Tutup Pelatihan Dasar CPNS Golongan III di Kabupaten Natuna
Oleh : Kalit
Sabtu | 07-12-2019 | 16:52 WIB
latsar-cpns-natuna-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal saat penutupan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan I,II,III dan IV di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Jumat (29/11/2019) pagi. (Foto: Humas)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna diharapkan mempunyai karakter dan mampu berperilaku, berintegritas serta beretika baik dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Demikian disampaikan Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal saat menutup secara resmi kegiatan pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan I, II, III, IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, yang berlangsung di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Jumat (29/11/2019) pagi.

Hamid Rizal menjelaskan, pendidikan dan pelatihan merupakan kegiatan yang wajib bagi CPNS. Sebab hal itu merupakan bagian dari usaha untuk membangun karakter sebagai PNS yang memiliki integritas dan beretika dalam menjalankan tugasnya dimasyarakat.

Hal itu sesuai dengan peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) nomor 12 tahun 2018 tentang pelaksanaan pelatihan dasar bagi calon PNS.

Lebih lanjut, Hamid Rizal mengharapkan, agar seluruh peserta mampu menerapkan nilai-nilai dasar PNS, yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi. Selain itu, PNS juga dituntut sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik, perekat dan pemersatu bangsa.

Oleh karena itu, sebagai pelayan publik, para PNS wajib melayani dan bukan dilayani. Kemudian setiap calon PNS juga harus memahami nilai-nilai nasionalisme dalam melaksanakan tugas, tanpa membedakan suku, agama, ras dan budaya.

Hamid Rizal juga berharap agar para calon PNS tahun ini dapat membantu pembangunan daerah kedepannya, dan menjadi generasi penerus bangsa, khususnya di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam kesempatan yang sama, Ewita Yuda, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Natuna dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya pelatihan dasar CPNS ini yaitu untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi, berdasarkan kemampuan untuk menunjukkan sikap perilaku bela negara dan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan nantinya.

Ewita menambahkan, dalam penyelenggaraan pelatihan dasar CPNS golongan III ini terdiri dari angkatan I, II, III dan IV yang dilaksanakan dari tanggal 17 Juni sampai 29 November 2019.

Tenaga pengajar pada pelatihan CPNS tahun ini terdiri dari Widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri, Widyaiswara Provinsi Kepri dan Widyaiswara Kabupaten Natuna.

Pada akhir acara tersebut diberikan penghargaan kepada tiga orang terbaik dalam pelatihan dasar CPNS tahun 2019 yaitu peringkat pertama Desy Paramita, sebagai Bidan Ahli Pertama unit kerja UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), peringkat kedua Diki Darmawan, sebagai guru IPA Ahli Pertama di SMP Negeri 3 Bunguran Timur, dan peringkat ketiga dr Wan Gisca Ayu Astrini, sebagai Dokter Ahli Pertama di UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.

Turut hadir para Asisten, para Staf Ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Widyaiswara, Tenaga Pengajar, Penguji, Coach, Mentor dan para peserta pelatihan dasar CPNS tahun 2019. (*)