PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

12 Kapal Dumai Express dan Dumai Line Siaga Jelang Natal dan Tahun Baru
Oleh : Hendra
Selasa | 03-12-2019 | 19:40 WIB
asmadi-dumai.jpg honda-batam
Asmadi, selaku anggota Dewan Pengurus Cabang Indonesian National Shipowners' Association (DPC INSA) Batam, Ketua Bidang Kapal Penumpang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 12 unit kapal laut milik armada Dumai Express dan Dumai Line dipastikan siap siaga menjelang mudik perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Ke-12 kapal itu nantinya secara bergantian akan terus berlayar setiap hari demi melayani kebutuhan penumpang dari Pelabuhan Sekupang, Kota Batam, menuju Dumai maupun sebaliknya.

Ketua Bidang Kapal Penumpang DPC Indonesian National Shipowners' Association (DPC INSA) Batam, Asmadi, memperkirakan lonjakan penumpang mudik Natal akan mulai terjadi pada H-7 hingga H+14 Natal dan Tahun Baru.

"Rata-rata para penumpang merupakan masyarakat yang hendak merayakan Natala dan Tahun Baru di kampung halaman mereka," ujarnya Selasa (3/12/2019) di kawasan Pelabuhan Domestik Sekupang.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, Asmadi memprediksi akan ada lonjakan hingga 15 persen. Jumlah 12 kapal penumpang yang disiagakan diyakini akan mampu melayani kebutuhan penumpang, khusus tujuan Dumai.

Sebelum hari padat kesibukan itu datang, kata Asmadi untuk 12 unit kapal tersebut akan dilakukan pemeriksaan kelayakan terlebih dahulu. Pun juga dengan standart keselamatan penumpang oleh pihak Syahbandar.

"Untuk lonjakan penumpang paling banyak itu ke arah Dumai. Karena seperti kita ketahui, hampir 10 persen yang akan menggunakam kapal tujuan Dumai, dan sebagian akan ada juga yang menggunakan kapal Pelni tujuan Belawan," ucap pria yang juga penasehat Pelra Sekupang itu.

Perihal penambahan jadwal keberangkatan saat arus mudik Natal dan Tahun Baru dia katakan tidak ada karena masih akan mengikuti jadwal normal seperti biasa.

Perihal harga tiket pihaknya akan melakukan penyesuaian kenaikan harga akan tetapi tak menutup kemungkinan harga akan naik pada tanggal 20 November 2019 hingga 5 Januari 2020 dengan perkiraan kisaran Rp 430 ribu di luar boarding pass.

Editor: Gokli