Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Modus Komplotan Jambret Tangkapan Tim Macan Polresta Barelang dalam Beraksi
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 26-11-2019 | 19:04 WIB
waspada-jambret.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo saat menyampaikan imbauan terkait aksi jambret. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komplotan jambret yang diringkus Tim Macan Sat Reskrim Polresta Barelang telah meresahkan masyarakat Batam dalam satu bulan terakhir.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, saat ekspose mengungkapkan modus pelaku dalam beraksi dengan mengincar perempuan yang mengendarai sepeda motor sendirian.

Selain itu, para pelaku berinisial A dan H, yang masih di bawah umur, serta Yudi dan Dede yang merupakan residivis kasus yang sama memiliki peran masing-masing dalam beraksi.

"Empat pelaku ini memiliki peran masing-masing. Mereka sudah beraksi sekitar 10 kali dalam sebulan terakhir dan mengincar perempuan," ujar Kapolres, didampingi Kasat Reskrim, AKP Andri Kurniawan, Selasa (26/11/2019).

Dijelaskan, otak dari kejahatan ini adalah Yudi. Ia langsung berberas sebagai perampas atau penarik ponsel mauoun tas korban.

Sementara Dede bertugas sebagai joki yang memboncengi Yudi mengendarai satu sepeda motor. Sedangkan A dan H bertugas menghalang-halangi korban yang berusaha mengejar Yudi dan Dede.

"Mereka mengincar perempuan yang mengendarai sepeda motor dan meletakkan ponsel di dalam dasbor. Kemudian diikuti sampai ke jalanan yang sepi. Korban dipepen dan langsung diambil ponselnya," jelas Kapolres.

Ia juga mengimbau agar masyarakat bisa lebih berhati-hati tetutama melewati kawasan yang rawan tindak kejahatan. Pihaknya juga terus meningkatkan patroli di lokasi rawan sehingga bisa menekan tindak kejahatan.

"Kita juga mengajak masyarakat jika melihat gerombolan pemuda yang mencurigakan, segera laporkan ke kepolisian terdekat," pungkasnya.

Editor: Gokli